Bagikan:

JAKARTA - James dan Nicki Malcolm pindah ke El Salvador dari Selandia Baru untuk menjadi bagian dari impian bitcoin yang dijual oleh Presiden Nayib Bukele pada tahun 2021, ketika ia menjadikan negara Amerika Tengah itu sebagai yang pertama di dunia yang menerima cryptocurrency sebagai alat pembayaran yang sah.

Beberapa bulan kemudian, Bukele merancang rencananya untuk Bitcoin City, suatu tempat surga kripto bebas pajak yang didukung oleh energi panas bumi dari gunung berapi, kepada sejumlah penggemar di sebuah klub pantai yang termasuk avatar dirinya di sebuah pesawat luar angkasa.

Namun, saat popularitas Bukele terus meningkat menjelang pemilihan presiden putaran kedua minggu ini, pembangunan Bitcoin City belum dimulai. Namun, tanpa patah semangat dan masih terinspirasi, Malcolm bersama dengan 15 orang asing lainnya dan sepasang pasangan El Salvador, telah meyakinkan lebih dari 100 bisnis untuk menerima bitcoin di kota pegunungan penghasil kopi bernama Berlin di timur El Salvador.

"Adopsi sangat penting bagi kami - itulah yang kami anggap penting dan bagaimana bitcoin akan menang," kata Nicki, seorang mantan penasihat hipotek yang merupakan bagian dari upaya untuk mengubah Berlin menjadi mekka kripto sendiri. "Bukele telah menancapkan bendera di tanah."

Meskipun demikian, keputusan Bukele untuk mendorong El Salvador menjadi tempat surga mata uang kripto tidak disetujui oleh beberapa ekonom, yang menyoroti bahwa bitcoin belum membawa manfaat signifikan bagi ekonomi secara keseluruhan. Ekonom seperti Tatiana Marroquin telah mempertanyakan keputusan Bukele untuk mempertaruhkan sejumlah dana pajak yang tidak diketahui pada investasi yang berisiko.

Hingga saat ini, sebagian besar warga El Salvador masih mengabaikan bitcoin, terutama karena volatilitas cryptocurrency tersebut dalam ekonomi yang masih sangat berbasis tunai di mana banyak orang hidup dari tangan ke mulut. Hampir dua puluh orang yang diwawancarai oleh Reuters mengatakan bahwa mereka tidak tertarik untuk memahami cryptocurrency, tetapi mereka semakin khawatir tentang kurangnya pekerjaan dan meningkatnya biaya perumahan dan makanan.

Meskipun terdapat beberapa transaksi bitcoin yang dilakukan di El Salvador, banyak yang mengeluhkan masalah dengan Chivo, dompet digital yang dibuat dengan tergesa-gesa pada tahun 2021 oleh pemerintah untuk warga El Salvador untuk menyimpan dan mengirim bitcoin.

Dengan demikian, rencana Bukele untuk membuat El Salvador menjadi tempat surga cryptocurrency terus menimbulkan keraguan di kalangan sebagian besar penduduknya, meskipun memiliki dampak positif terhadap pariwisata dan sebagian kecil bisnis lokal.