Bagikan:

JAKARTA - Google mulai menambahkan alat AI generatif baru ke Maps, yang memungkinkan pengguna berbicara ke aplikasi untuk menemukan tempat-tempat di sekitar Anda. 

“Cukup ucapkan apa yang Anda cari dan model bahasa besar (LLM) kami akan menganalisis informasi mendetail Maps tentang lebih dari 250 juta tempat dan wawasan tepercaya dari komunitas kami,” tulis Miriam Daniel, Wakil Presiden & GM, Google Maps dalam pengumuman terbarunya. 

Mudahnya, katakanlah Anda sedang berlibur ke Malaysia, kemudian berbicaralah kepada aplikasi tentang tempat apa yang Anda cari, seperti “tempat dengan nuansa vintage”. Kemudian, Google akan mulai memberikan rekomendasi tempat yang sesuai dengan keinginan Anda. 

“Anda akan melihat hasil yang disusun ke dalam kategori bermanfaat, seperti toko pakaian, toko vinil, dan pasar loak bersama dengan carousel foto dan ringkasan ulasan yang menyoroti mengapa suatu tempat mungkin menarik untuk Anda kunjungi,” tambahnya. 

Namun sayangnya, fitur ini tampaknya masih dalam akses awal dan hanya tersedia untuk area tertentu dan untuk anggota Local Guides tertentu, namun penggunaan teknologi ini cukup menarik untuk dinanti. 

“Kemampuan eksperimental ini memperkenalkan cara baru bagi orang-orang untuk lebih mudah menemukan tempat dan menjelajahi dunia dengan Maps,” jelas Google lebih lanjut. 

“Ini hanyalah permulaan dari cara kami meningkatkan Maps dengan AI generatif, dan kami bersemangat untuk memulai dengan komunitas Local Guides yang penuh semangat seiring kita bersama-sama membentuk masa depan Maps,” tutupnya.