Bagikan:

JAKARTA - CEO ByteDance, Liang Rubo, memperingatkan karyawan dalam pertemuan perusahaan seluruhnya pada Selasa 30 Januari bahwa pemilik TikTok berisiko menjadi puas diri dan tergelincir ke dalam mediokritas saat menghadapi tantangan dari startup baru.

Dalam pertemuan di Singapura yang disaksikan oleh karyawan ByteDance di seluruh dunia, Liang mengatakan bahwa ekspansi cepat perusahaan dalam beberapa tahun terakhir telah membuatnya kurang efisien, dan perusahaan tidak cukup memperhatikan teknologi kecerdasan buatan, menurut unggahan ByteDance tentang pertemuan tersebut di media sosial.

"Perusahaan kami tidak cukup sensitif (terhadap teknologi baru)," kata Liang. "Misalnya, pembicaraan tentang GPT tidak muncul dalam tinjauan teknologi setengah tahunan kami hingga 2023, meskipun GPT-1 sudah dirilis pada tahun 2018."

GPT merujuk pada teknik pembelajaran mesin yang telah memberikan keakuratan seperti manusia pada chatbot ChatGPT milik OpenAI.

ByteDance sering dianggap sebagai perusahaan terkemuka di dunia dalam algoritma karena aplikasi andalannya seperti TikTok, Douyin, dan Toutiao didukung oleh mesin rekomendasi yang kuat.

Namun, perusahaan yang dijuluki "Pabrik Aplikasi" karena sering merilis aplikasi seluler, telah lambat dalam perlombaan kecerdasan buatan yang mengganggu sektor teknologi.

Taipan teknologi China lainnya mulai dari pendiri JD.com, Richard Liu hingga Chairman Tencent, Pony Ma sekarang juga meminta perusahaan mereka menjadi lebih efisien dan menahan diri dari menjadi puas diri.

Menyoroti awal yang terlambat ByteDance pada model dasar AI, Liang mengatakan perusahaan dengan model yang lebih baik membuatnya antara 2018 dan 2021.

"Untuk banyak tim startup yang bagus, mereka sangat akrab dengan industri tersebut. Mereka dapat dengan cepat melihat setiap proyek baru yang muncul di GitHub, dan kemudian mereka mulai mencari peluang akuisisi atau kemitraan," katanya, merujuk pada repositori online untuk kode komputer.

Liang menambahkan ByteDance menderita dari terlalu banyak birokrasi internal karena perusahaan berkembang, dengan sekarang memerlukan enam bulan untuk mengerjakan proyek yang dapat diselesaikan oleh startup dalam satu bulan.

ByteDance baru-baru ini meningkatkan fokusnya pada AI sambil menarik plug dari beberapa bisnis seperti permainan video. Perusahaan telah menguji sejumlah chatbot yang ditenagai AI seperti "Doubao" di China dan "Cici" dan "ChitChop" di luar negeri.

Strategi AI ByteDance menjadi sorotan bulan lalu setelah The Verge melaporkan bahwa perusahaan menggunakan teknologi OpenAI untuk mengembangkan AI-nya sendiri.

Meskipun ByteDance mengatakan penggunaan layanan OpenAI tersebut legal, OpenAI menangguhkan akun ByteDance dalam penelitian.