Visa Gandeng Transak untuk Memungkinkan Penarikan dan Pembayaran Kripto Melalui Visa Direct
Visa, semakin memperkuat adopsi cryptocurrency dengan memungkinkan metode lain untuk menukar crypto ke mata uang fiat (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa pembayaran global, Visa, semakin memperkuat adopsi cryptocurrency dengan memungkinkan metode lain untuk menukar crypto ke mata uang fiat tanpa menggunakan pertukaran terpusat.

Visa telah bermitra dengan penyedia infrastruktur Web3, Transak, untuk memperkenalkan penarikan dan pembayaran cryptocurrency melalui solusi Visa Direct, seperti diumumkan oleh kedua perusahaan pada 30 Januari.

Integrasi baru ini memungkinkan pengguna menarik cryptocurrency seperti Bitcoin langsung dari dompet seperti MetaMask ke kartu debit Visa. Integrasi ini memungkinkan seseorang menukar crypto ke fiat dan membayar di 130 juta lokasi pedagang di mana Visa diterima.

"Dengan memungkinkan penarikan kartu real-time melalui Visa Direct, Transak memberikan pengalaman yang lebih cepat, lebih sederhana, dan lebih terhubung untuk pengguna - menjadikannya lebih mudah untuk mengonversi saldo crypto menjadi fiat," kata Kepala Visa Direct untuk Amerika Utara, Yanilsa Gonzalez-Ore.

“Kolaborasi ini secara signifikan memperluas jumlah opsi untuk mengonversi crypto ke mata uang fiat dan mencapai tonggak besar dalam menyatukan dunia keuangan crypto dan tradisional,” kata Kepala Pemasaran dan Hubungan Investor Transak, Harshit Gangwar.

Kemitraan ini memungkinkan pengguna dari 145 negara untuk langsung mengonversi setidaknya 40 cryptocurrency ke fiat tanpa mengandalkan bursa terpusat. Beberapa negara yang didukung termasuk yurisdiksi seperti Siprus, Malta, Singapura, Turki, Portugal, dan Uni Emirat Arab..

"Ini adalah langkah besar menuju penerimaan dan pemanfaatan cryptocurrency secara mainstream," kata Gangwar, menyoroti sifat transaksi yang lebih mudah diakses dan nyaman yang dimungkinkan oleh integrasi ini.

Menurut Gangwar, kerja sama ini memberikan manfaat signifikan bagi pengguna platform dan dompet terdesentralisasi seperti MetaMask, Ledger, Trust Wallet, dan lainnya. "Pengguna MetaMask sekarang dapat dengan mudah menukarkan langsung dari dompet ke kartu Visa, meningkatkan kegunaan dan praktikalitas aset digital mereka," katanya.

Menurut Manajer Produk Senior MetaMask, Lorenzo Santos, kerja sama antara Visa dan Transak memang memungkinkan fitur signifikan bagi pengguna MetaMask.

"Integrasi Transak dengan Visa membuka horison baru bagi pengguna MetaMask secara global, memberikan fleksibilitas lebih dalam konversi lancar cryptocurrency ke fiat," kata Santos.

Menurut Gangwar dari Transak, platform tersebut terlibat dalam integrasi karena memiliki lisensi di beberapa yurisdiksi dan memastikan bahwa teknologi Kenali-Pelanggan dan Anti-Pencucian Uang berada pada tempatnya. Ini memungkinkan Transak untuk memverifikasi pengguna dan secara sah mengaktifkan transaksi tersebut, tambahnya.

Sebagai salah satu perusahaan terbesar di industri pembayaran, Visa telah secara aktif menjelajahi kasus penggunaan cryptocurrency dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2020, Visa membuat langkah besar ke dunia crypto dengan bermitra dengan perusahaan blockchain Circle untuk mendukung stablecoin USDC pada beberapa kartu Visa.

Pada September 2023, Visa meluncurkan dukungan untuk pembayaran USDC yang diselesaikan di blockchain Solana saat terus memperluas dukungan terhadap stablecoin tersebut.