Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang pada Ponsel Android
Aplikasi yang berjalan di latar belakang (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Aplikasi yang berjalan di latar belakang merupakan aplikasi yang akan terus aktif dan beroperasi tanpa perlu dibuka. Ada beberapa aplikasi di perangkat seluler yang harus terus berjalan.

Sayangnya, aplikasi latar belakang bisa merugikan dari segi pemakaian baterai. Aplikasi ini akan mengurangi daya baterai meskipun perangkat sedang tidak digunakan. Selain menguras baterai, aplikasi latar belakang juga bisa memperlambat kinerja ponsel.

Untuk menghindari kemungkinan terburuk, Anda harus mengurangi penggunaan aplikasi di latar belakang. Mengutip dari Makeuseof, Anda perlu mengecek aplikasinya terlebih dahulu dengan membuka Pengaturan, kemudian gulir layar untuk menemukan Tentang Ponsel.

Setelah itu, buka Informasi Perangkat Lunak dan ketuk Nomor Pembuatan sebanyak tujuh kali untuk mengaktifkan opsi pengembang. Sebelum pesan Anda sekarang adalah pengembang muncul, Anda akan diminta memasukkan kode sandi perangkat.

Saat opsi pengembang sudah aktif, kembali ke Pengaturan Utama dan gulir layar untuk mencari Opsi Pengembang. Setelah diklik, buka Layanan Berjalan untuk melihat deretan aplikasi yang berjalan di latar belakang beserta memori yang digunakan.

Catat aplikasi apa saja yang menurut Anda tidak perlu berjalan di latar belakang, kemudian buka lagi menu Pengaturan. Kali ini, pergi ke menu Aplikasi dan cari aplikasi yang ingin Anda matikan dari latar belakang.

Setelah menemukan aplikasi yang diinginkan, buka aplikasinya dan ketuk Paksa Berhenti. Jika sudah, klik OK pada pop-up yang muncul untuk mengonfirmasi keinginan Anda. Lakukan hal yang sama pada aplikasi lain yang ingin dihentikan dari latar belakang.