Cara Melihat Aplikasi Apa Saja yang Berjalan di Latar Belakang Perangkat Android
Ilustrasi aplikasi di perangkat Android (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi yang berjalan di latar belakang perangkat Anda akan menyedot banyak pemakaian baterai Anda. Namun, tidak semua aplikasi di perangkat Android Anda berjalan di latar belakang. 

Jadi, jika Anda kehabisan baterai dengan cepat, Anda mungkin bisa menghemat sumber daya dengan mencegah aplikasi yang tidak perlu berjalan di latar belakang ponsel Anda.

Nah, untuk itu Anda perlu memeriksa aplikasi mana saja yang berjalan di latar belakang perangkat Anda, untuk mengetahuinya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara memeriksa aplikasi yang berjalan di latar belakang di Android

Menu Opsi Pengembang di Android akan memungkinkan Anda mengakses berbagai fitur dan wawasan berguna ke fungsionalitas perangkat Anda, termasuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang. 

Untuk menemukan Opsi Pengembang, simak tutorial berikut. 

  1. Buka Settings, gulir ke bawah, dan ketuk About phone
  2. Pergi ke Software information dan ketuk Build number tujuh kali untuk mengaktifkan opsi Pengembang
  3. Masukkan PIN (kode sandi perangkat), dan Anda akan melihat Anda sekarang seorang pengembang pesan
  4. Kembali ke menu Settings utama dan ketuk Developer options di bagian bawah
  5. Gulir ke bawah dan temukan Running services. Ketuk opsi ini untuk melihat daftar aplikasi dan layanan, bersama dengan penggunaan memori mereka. 

Di sana, Anda juga dapat menavigasi ke menu penggunaan baterai di Android untuk mengetahui aplikasi mana yang paling banyak mengonsumsi baterai. 

Informasi ini dapat membantu Anda membuat keputusan tentang aplikasi mana yang harus dihentikan memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android Anda.