Begini Cara Menonton Video di TikTok Secara Offline
Menonton TikTok secara offline (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – TikTok, platform streaming video, telah meluncurkan fitur menonton secara offline. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna bisa menonton video yang mereka suka tanpa perlu koneksi internet.

Pada dasarnya, fitur ini bekerja seperti fitur Downloads di YouTube. Pengguna bisa menyimpan video favorit mereka, kemudian menonton kembali videonya kapan pun mereka mau. TikTok mengizinkan pengguna untuk mengunduh 50 hingga 200 video.

Sayangnya, tidak semua perangkat memiliki fitur ini. TikTok masih meluncurkan fiturnya secara bertahap sehingga pengguna harus memastikan apakah mereka memiliki fitur tersebut. Untuk mencari fiturnya, buka aplikasi TikTok Anda dan pergi ke bagian Profile.

Setelah itu, ketuk garis tiga horizontal di pojok kanan atas untuk membuka menu Settings and Privacy. Jika sudah, gulir layar ke bawah dan cari fitur Video Offline. Seharusnya, menu tersebut berada di bagian Cache dan Seluler.

Jika Anda memiliki fitur tersebut, Anda bisa mengatur jumlah video yang akan diunduh dengan mengeklik fitur Video Offline, kemudian pilih jumlah video yang diinginkan. Perlu diketahui bahwa fitur ini akan mengunduh video secara otomatis dari For Your Page (FYP).

Setelah memilih jumlah videonya, antara 50 hingga 200 dengan kelipatan 50, ketuk Download di bagian bawah layar. Pastikan Anda memiliki kapasitas perangkat yang cukup dan video akan langsung terunduh.

Jika TikTok telah selesai mengunduh, Anda bisa langsung menonton video tanpa koneksi internet. Namun, Anda harus mengingat bahwa jumlah video ini terbatas. Jika video yang Anda tonton melebih jumlah yang diunduh, Anda harus mengunduh kembali.

Sebelum mengunduh video yang baru, hapus kumpulan video sebelumnya di menu Video Offline. Anda hanya perlu mengetuk opsi Clear dan video akan langsung menghilang. Ulangi seluruh langkah dari awal untuk mengunduh video terbaru.

Terkait