Google Chrome Kembangkan Fitur Baru untuk Jadikan Website Sebagai Aplikasi di Android
Chrome akan hadirkan fitur instal website (foto: dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA – Pengguna Google Chrome bisa mengubah suatu website menjadi aplikasi. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan di Personal Computer (PC) dengan sistem operasi Windows atau macOS.

Kini, Google berencana menghadirkan kemampuan tersebut di perangkat Android. Berdasarkan temuan Windowsreport, fitur Instal website akan ditambahkan ke menu Tambahkan ke Layar Beranda di aplikasi Chrome.

Saat fitur ini sudah dirilis di versi Canary, pengguna Chrome akan melihat dua fitur di dalam menu Tambahkan ke Layar Beranda. Dua fitur ini adalah Instal website dan Buat Pintasan, keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Ketika pengguna mengeklik Buat Pintasan untuk website yang sering mereka kunjungi, logo dan domain website akan muncul di beranda ponsel mereka. Ketika logo dan domain tersebut diklik, pengguna akan langsung diarahkan ke situs web di Chrome.

Sesuai dengan namanya, fitur Buat Pintasan hanya merancang Progressive Web App (WPA) untuk mempermudah akses bagi pengguna. Sementara itu, Instal website akan berdiri sendiri tanpa diarahkan untuk masuk ke Chrome.

Sederhananya, fitur ini akan menjadikan website sebagai aplikasi mandiri. Meski terlihat seperti aplikasi, website yang diinstal ini tidak akan dikendalikan oleh pengembang asli karena proses dan kendalinya masih dipegang oleh Chrome.

Dengan menghadirkan opsi instal bagi website di Chrome, pengguna bisa menghemat kapasitas perangkat. Seperti platform X misalnya, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi asli untuk menggunakan X karena mereka bisa menginstal website-nya.