Bagikan:

JAKARTA - Angkatan Udara Amerika baru-baru ini menandatangani kesepakatan pertama mereka untuk perangkat lunak komputasi kuantum tingkat operasional, yang menandai era baru dalam logistik militer AS.

Quantum Research Science (QRS), yang berasal dari Purdue, menjadi penerima kontrak. Mereka menerima 2,5 juta dolar AS (Rp 39,2 miliar) untuk membangun dan mendukung perangkat lunak komputasi kuantum yang mampu mengelola logistik global Angkatan Udara.

Logistik klasik

Saat ini, pasukan militer AS mengorganisir dan mengelola operasi pasokan dengan cara lama, yakni menggunakan komputer biner klasik. Namun, jika dibandingkan dengan komputer kuantum futuristik mereka, komputer biner tidak sesuai untuk masalah ini.

Hal ini karena komputer biner hanya dapat menangani sejumlah variabel pada satu waktu sebelum mereka menjadi kewalahan. Logistik pada skala kebutuhan Angkatan Udara AS memberatkan kemampuan komputer klasik.

"Paling baik, perkiraan rantai pasokan adalah tebakan yang didasarkan pada pengetahuan. Paling buruk, itu adalah tebakan liar," kata CEO QRS, Ethan Krimins, saat menjelaskan kemampuan sistem biner sebagai sesuatu yang agak acak.

Logistik kuantum

Komputer kuantum, di sisi lain, telah menunjukkan potensi keunggulan dibandingkan komputer klasik. Hal ini karena, berbeda dengan komputer tradisional yang menggunakan bit biner - secara dasarnya sakelar on/off - komputer kuantum menggunakan qubit. Ini agak analog dengan bit; kecuali mereka dapat berada dalam lebih dari satu keadaan.

Qubit dapat menyala atau mati, seperti bit biasa, tetapi mereka juga dapat ada dalam superposisi di mana mereka dapat menyala dan mati pada saat yang sama. Pada dasarnya, hal ini memungkinkan komputer kuantum untuk bekerja dengan lebih banyak variabel pada saat yang sama, mempercepat proses dan meningkatkan akurasi.

Pernyataan pers di situs web Universitas Purdue menyebutkan bahwa perangkat lunak kuantum QRS telah menunjukkan percepatan 28% dibandingkan dengan perangkat lunak yang saat ini tersedia yang berjalan pada komputer biner.

Menurut informasi yang tersedia di situs web QRS, perusahaan ini telah bekerja sama dengan Quantinuum, sebelumnya Honeywell, untuk, kemungkinan besar, menjalankan perangkat lunak QRS pada perangkat keras Quantinuum.