Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, bersama dengan Lampu.id terus menggalakkan edukasi dan peningkatan literasi digital melalui gelaran Serba Serbi Literasi Digital di 2024.

Pada edisi pertamanya yang bertema “Beyond The Profile: Rahasia Membangun Identitas Digital Efektif dan Raih Peluangmu”, yang diselenggarakan pada Rabu 10 Januari, para pembicara membahas tentang bagaimana cara memanfaatkan dan memaksimalkan digital dengan cara yang aman. 

Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, kemajuan teknologi tidak hanya membuka pintu menuju kemudahan akses informasi dan efisiensi yang tinggi, tetapi juga merintis jalan menuju inovasi yang sebelumnya terasa tak terjangkau. 

Namun, Sammy menambahkan, “Sisi gelap dalam kemajuan teknologi ini justru mengundang ancaman penyalahgunaan teknologi dan potensi pelanggaran privasi dari serbuan kejahatan dunia maya.”

Melalui program ini, Kementerian Kominfo berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap individu dapat memaksimalkan manfaat dari peluang era di digital tanpa kesenjangan, dan tentu saja, menjaga agar kecanggihan ini tidak jatuh ke tangan yang salah. 

“Tanpa memandang bulu, program ini membidik untuk memastikan bahwa setiap individu, terlepas dari asal-usul atau sejauh mana pemahaman teknologinya, dapat meraih akses penuh ke informasi dan sumber daya krusial yang dapat memaksimalkan potensinya melalui akses digital,” tambah Founder Lampu.id, Melissa Wijaya. 

Tidak lupa, Dirjen Aptika itu juga mengimbau masyarakat untuk terus memanfaatkan kanal digital dengan pendekatan positif. Dengan demikian, hal tersebut diharapkan bisa merangsang penggunaan teknologi secara bertanggung jawab dan produktif. 

“Pemanfaatan platform media sosial juga diyakini dapat menjadi modal untuk mengatasi masalah sosial dan berkontribusi pada visi Indonesia Emas 2045,” pungkasnya.