Trik Jadikan iPhone Rasa Android 10
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Siapa yang menyangka kalau produk Apple yakni iPhone bisa menjalankan Android 10. Ya, startup cybersecurity Corellium menemukan trik yang cukup mengejutkan dengan mengubah sistem operasi ponsel besutan Steve Jobs tersebut.

Adalah David Wang dan rekan-rekannya di startup itu yang melakukan trik dalam Project Sandcastel. Pengubahan sistem operasi (peretasan) tersebut terjadi dalam beberapa perangkat seperti iPhone 7, iPhone 7 Plus dan iPod Touch.

Salah satu pendiri Corellium, Chris Wade mengatakan bahwa peretasan ini tidak bisa berfungsi untuk iPhone seri lama dan baru seperti 5S dan seri X. Karena peretasan tersebut mengunakan sistem Jailbreak Checkrain. Namun jika teknologi Jailbreak muncul yang lebih baru, bisa dipastikan akan berfungsi untuk perangkat Apple terbaru. Mengingat kerentanan ini adalah hal yang paling dasar, diklaim Apple tidak akan bisa memperbaiki itu pada perangkat yang sudah diubah.

Seperti pada umumnya, Jailbreak seperti Checkrain dapat membuat iPhone kurang aman, karena sistem tersebut menghilangkan sandboxing, yakni mencegah kode berbahaya dari satu aplikasi yang mencuri data dari orang lain, di antara perlindungan keamanan lainnya. Oleh karena itu, perlu mempertimbangkan hal ini dan mencari informasi lebih lanjut sebelum menginstalnya.

Untuk membangun Project Sandcastel, tim Corellium menggunakan alatnya sendiri, yang dapat dengan cepat memutar versi perangkat lunak iPhone dan Android. Tanpa kemampuan ini, jika retasan merusak perangkat, mereka harus dengan rela iPhonenya tidak bisa berfungsi lagi alias mati total. Tetapi dengan alat tersebut, mereka bisa membuat telepon virtual. Versi virtual itulah yang telah mengecewakan pihak Apple menyoal hak cipta, yang mengklaim bahwa Corellium mereplikasi iPhone secara ilegal.

Sebelumnya, pada Agustus tahun lalu Corellium pernah dibawa ke pengadilan oleh Apple, yang mengklaim bahwa startup tersebut melanggar undang-undang hak cipta dengan membuat versi perangkat lunak iPhone untuk keamanan dan pengujian.

Meski begitu, Corellium memiliki ambisi yang tinggi untuk Project Sandcastel. Mereka mengatakan bahwa hal itu benar-benar akan menunjukkan bagaimana keamanan Apple yang dilindungi dengan sengit sejak meluncurkan ponsel andalannya 2007 lalu, bisa didekontruksi dan diambil alih oleh orang lain.

"Project Sandcastel adalah sesuatu yang menyenangkan dan membangun sesuatu yang baru dari perangat keras kebanggan Silicon Valley, Amerika Serikat (AS) tersebut," ungkap CEO Corellium Amanda Gorton seperti yang dikutip dari Forbes, Sabtu 7 Maret.

Pada kesempatan yang sama, Forbes mencoba melakukan pengubahan para sistem iPhone 7 yang memiliki iOS 13.3 ke Android 10. Mereka menemukan hal menarik yakni sinyal aplikasi pesan pun terenkripsi. Hal ini menunjukkan penggunaan yang lebih menarik daripada sekadar memulai menjalankan Android pada iPhone. Jika Anda tertarik mencobanya dalam versi beta, bukalah situs ProjectSnadcastel.org dan ikuti instruksinya. Namun, perlu diperhatikan jika sudah men-jailbreaks ponsel Anda, dijamin keamanan ponsel Anda akan mudah diretas oleh orang lain.