Mahkamah Agung Inggris Tolak Permintaan Ilmuwan Komputer AS untuk Mendaftarkan Paten AI
Stephen Thaler berusaha untuk mendapatkan dua paten di Inggris, namun gagal, (foto: x @Alliance_STL)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang ilmuwan komputer AS pada Rabu 20 Desember kehilangan upayanya untuk mendaftarkan paten atas penemuan yang dibuat oleh sistem kecerdasan buatannya dalam suatu kasus bersejarah di Inggris mengenai apakah kecerdasan buatan dapat memiliki hak paten.

Stephen Thaler berusaha untuk mendapatkan dua paten di Inggris untuk penemuan yang katanya diciptakan oleh "mesin kreativitas" yang disebut DABUS.

Upayanya untuk mendaftarkan paten ditolak oleh Kantor Hak Kekayaan Intelektual (IPO) Inggris dengan alasan bahwa penemu harus berupa manusia atau perusahaan, bukan mesin.

Thaler mengajukan banding ke Mahkamah Agung Inggris, yang pada hari Rabu menolak bandingnya secara bulat dengan alasan bahwa "seorang penemu harus menjadi manusia" menurut hukum paten Inggris.

Hakim David Kitchin menyatakan dalam putusan tertulis pengadilan bahwa kasus ini "tidak terkait dengan pertanyaan lebih luas apakah kemajuan teknis yang dihasilkan oleh mesin yang beroperasi secara otonom dan didukung oleh kecerdasan buatan seharusnya dapat dipatenkan".

Pengacara Thaler mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa putusan ini "menetapkan bahwa hukum paten Inggris saat ini benar-benar tidak cocok untuk melindungi penemuan yang dihasilkan secara otonom oleh mesin kecerdasan buatan dan akibatnya benar-benar tidak memadai dalam mendukung industri yang mengandalkan kecerdasan buatan dalam pengembangan teknologi baru".

Jurubicara IPO menyambut keputusan itu "dan klarifikasi yang diberikannya tentang hukum sebagaimana adanya terkait dengan pemberian paten atas kreasi mesin kecerdasan buatan".

Mereka menambahkan bahwa ada "pertanyaan yang sah tentang bagaimana sistem paten dan bahkan kekayaan intelektual secara lebih luas harus menangani kreasi semacam itu" dan pemerintah akan terus meninjau area hukum ini.

Thaler sebelumnya tahun ini kalah dalam upaya serupa di Amerika Serikat, di mana Mahkamah Agung menolak mendengar tantangan terhadap penolakan Kantor Paten dan Merek Dagang AS untuk memberikan paten atas penemuan yang dibuat oleh sistem kecerdasan buatannya.

Giles Parsons, mitra di firma hukum Browne Jacobson yang tidak terlibat dalam kasus ini, mengatakan bahwa keputusan Mahkamah Agung Inggris tidak mengejutkan.

"Keputusan ini pada saat ini tidak akan memiliki dampak signifikan pada sistem paten," katanya. "Itu karena, untuk saat ini, kecerdasan buatan adalah alat, bukan agen. Saya berharap hal itu akan berubah dalam jangka menengah, tetapi kita dapat menangani masalah tersebut saat muncul."

Rajvinder Jagdev, mitra kekayaan intelektual di Powell Gilbert, mengatakan bahwa putusan tersebut mengikuti keputusan serupa oleh pengadilan di Eropa, Australia, dan AS dan telah "menyediakan kepastian bahwa penemu harus menjadi manusia."

Namun, dia menambahkan: "Putusan ini tidak menghalangi seseorang menggunakan kecerdasan buatan untuk merancang penemuan - dalam skenario seperti itu, akan mungkin untuk mengajukan paten asalkan orang tersebut diidentifikasi sebagai penemu."

Dalam kasus terpisah bulan lalu, Pengadilan Tinggi London menentukan bahwa jaringan saraf buatan dapat mendapatkan perlindungan paten dalam hukum Inggris.