Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, Kaspersky telah mengidentifikasi Trojan proxy canggih yang dirancang untuk menyusupi sistem operasi macOS, yang disebarkan melalui distribusi perangkat lunak resmi versi crack (bajakan). 

Agar tetap aman dari Trojan dan malware lainnya, peneliti Kaspersky memberikan rekomendasi masyarakat untuk menerapkan langkah-langkah berikut:

Pertama, Kaspersky merekomendasikan agar semua masyarakat bisa menjaga kerahasiaan alamat email utama dan nomor telepon mereka. 

“Pilihan yang baik adalah membuat akun email tambahan dan membeli kartu SIM tambahan untuk digunakan berbelanja online dan situasi lain yang mengharuskan Anda berbagi data dengan orang asing,” tulis perusahaan keamanan siber global itu. 

Selain itu, mereka menyebutkan bahwa akan lebih aman jika Anda mengunduh aplikasi hanya dari toko resmi seperti Apple App Store, Google Play, atau Amazon Appstore. 

“Aplikasi dari pasar ini tidak 100 persen aman dari kegagalan, namun setidaknya aplikasi tersebut diperiksa oleh perwakilan toko dan terdapat sistem penyaringan — tidak semua aplikasi dapat masuk ke toko ini,” tambahnya. 

Jangan lupa untuk memperbarui sistem operasi dan aplikasi, karena hal itu sangat penting. Menurut Kaspersky, banyak masalah keamanan yang dapat diselesaikan dengan menginstal perangkat lunak versi terbaru. 

Terakhir, siapkan jaringan sosial Anda untuk privasi yang lebih baik. Anda dapat memilih apakah profil Anda dapat dicari, dan apakah orang lain dapat menandai, menulis pesan, atau mengganggu Anda. 

“Jika Anda mengubah pengaturan privasi di jejaring sosial apa pun yang digunakan, Anda tidak akan diganggu oleh pelaku spam dan penipu (yang banyak terdapat di setiap jejaring sosial) di sana,” tutupnya.