Yuk Simak Tips Mengamankan Aset Kripto dari Trojan Berbahaya
Tips melindungi aset kripto dari Trojan (foto: Kaspersky)

Bagikan:

JAKARTA - Belum lama ini, Kaspersky menemukan jenis malware macOS yang tidak konvensional, yang didistribusikan secara diam-diam melalui aplikasi bajakan, menargetkan aset kripto pengguna macOS, yang disimpan di dompet digital.

Malware ini menargetkan macOS versi 13.6 dan lebih tinggi. Di mana peretas mendapatkan akses ke kata sandi keamanan komputer ketika pengguna memasukkannya ke dalam kotak aktivator dan ketika pengguna mencoba membuka dompet kripto yang disusupi oleh malware.

Nah, agar tetap aman dari Trojan dan mengamankan aset kripto Anda, peneliti Kaspersky merekomendasikan penerapan langkah-langkah berikut:

  • Unduh aplikasi hanya dari toko resmi seperti Apple App Store. Aplikasi dari pasar ini tidak 100 persen aman dari kegagalan, namun setidaknya aplikasi tersebut diperiksa oleh perwakilan toko dan terdapat sistem penyaringan — tidak semua aplikasi dapat masuk ke toko ini.
  • Instal solusi keamanan tepercaya dan ikuti rekomendasinya. Maka solusi aman akan menyelesaikan sebagian besar masalah secara otomatis dan memperingatkan Anda jika diperlukan.
  • Perbarui sistem operasi dan aplikasi penting Anda saat pembaruan tersedia. Banyak masalah keamanan yang dapat diselesaikan dengan menginstal perangkat lunak versi terbaru.
  • Amankan frase awal Anda. Saat menyiapkan dompet perangkat keras, pastikan untuk menuliskan dan menyimpan frase awal Anda dengan aman.
  • Gunakan kata sandi yang kuat: hindari penggunaan kata sandi yang mudah ditebak atau penggunaan ulang kata sandi dari akun lain.