Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru perusahaan keamanan siber global Kaspersky menemukan evolusi dari trojan perbankan Zanubis, yang bisa menyamar sebagai aplikasi sah.

Zanubis, trojan perbankan Android ini muncul pada Agustus 2022, dan menargetkan pengguna keuangan dan kripto di Peru, dengan meniru aplikasi Android Peru yang sah.

Kemudian pada April 2023, Zanubis berevolusi, menyamar sebagai aplikasi resmi untuk organisasi pemerintah Peru SUNAT (Superintendencia Nacional de Aduanas y de Administración Tributaria), yang menunjukkan peningkatan akan kecanggihan trojan ini. 

“Penjahat siber tidak akan berhenti mengejar keuntungan moneter, kini semakin merambah dunia aset kripto, dan bahkan menyamar sebagai lembaga pemerintah untuk mencapai tujuan mereka," ujar Tatyana Shishkova, peneliti keamanan utama Kaspersky di GReAT. 

Untuk melindungi diri dari bahaya ancaman siber bermotif finansial yang terus berevolusi ini, Kaspersky merekomendasikan:

  • Siapkan cadangan offline yang tidak dapat dirusak oleh penyusup. Pastikan Anda dapat mengaksesnya dengan cepat dalam keadaan darurat saat dibutuhkan.
  • Instal perlindungan ransomware untuk semua titik akhir. Terdapat Alat Anti-Ransomware Kaspersky untuk Bisnis secara gratis yang melindungi komputer dan server dari ransomware dan jenis malware lainnya, mencegah eksploitasi, dan kompatibel dengan solusi keamanan yang sudah terinstal sebelumnya.
  • Untuk meminimalkan kemungkinan peluncuran penambang kripto, gunakan solusi keamanan khusus untuk membantu mendeteksi aktivitas berbahaya dengan cepat, sementara manajer kerentanan dan patch akan melindungi dari penyerang kripto yang mengeksploitasi kerentanan.