Bagikan:

JAKARTA - Beberapa hari lalu, Apple resmi meluncurkan aplikasi Journal untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, bersamaan juga dengan perilisan versi iOS terbaru, iOS 17.2.

Dengan aplikasi Journal ini, Apple berharap pengguna dapat mengabadikan dan menulis tentang momen sehari-hari dan peristiwa khusus dalam hidup mereka, serta menyertakan foto, video, rekaman audio, lokasi, dan lainnya.

Perusahaan menyebutkan bahwa aplikasi penjurnalan mereka didukung dengan saran yang dipersonalisasi dan dikurasi secara cerdas, sehingga bisa membantu pengguna mengingat dan menulis tentang suatu momen, seperti tempat baru yang mereka kunjungi, foto yang mereka ambil, lagu yang mereka mainkan, olahraga yang telah mereka selesaikan, dan banyak lagi.

Karena Journal merupakan aplikasi baru, mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya bagaimana cara menggunakannya. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat jurnal pertama Anda.

Membuat Entri Jurnal Pertama

Ketika Anda membuka aplikasi Journal, Anda akan melihat tombol tambah (+), klik tombol itu untuk membuat halaman entri baru. Setelah itu, Anda bisa mengetik atau menambahkan foto terbaru dari perpustakaan Anda saat Anda ketuk ikon foto di bawah ruang teks, atau sertakan memo suara yang direkam saat Anda ketuk ikon suara. 

Anda juga dapat menambahkan lokasi ke entri Anda saat Anda ketuk ikon panah di kanan bawah halaman entri. Fitur ini mungkin bermanfaat bagi blogger perjalanan yang melihat kembali perjalanan mereka ke luar negeri. Anda dapat mengedit tanggal entri di bagian atas halaman.

Atau, Anda dapat membuat postingan berdasarkan aktivitas terbaru atau yang disarankan yang Anda lakukan telepon dikompilasi gambar, lokasi dari acara yang Anda hadiri, atau kontak yang baru saja berinteraksi dengan Anda.

Secara default, aplikasi Journal akan menyarankan "momen" terbaru dan direkomendasikan dari minggu Anda yang mencakup foto, latihan, atau tempat yang Anda kunjungi, dan Anda dapat menggunakan ini sebagai permintaan penulisan atau Anda dapat mengetuk Entri Baru dan mulai menulis.

Tab terbaru akan menunjukkan kepada Anda, dalam urutan kronologis, orang, foto, dan alamat yang dapat menginspirasi entri berdasarkan aktivitas terbaru. 

Nah, untuk menulis entri baru tanpa melihat saran terlebih dahulu, beralih di Pengaturan > Jurnal > Lewati Saran Jurnal.