Bagikan:

JAKARTA - Setelah melakukan uji coba publik selama beberapa minggu, Apple akhirnya merilis iOS 17.2, bersamaan dengan penambahan aplikasi barunya, yaitu Journal untuk mengabadikan setiap momen. 

Dengan aplikasi Journal ini, Apple berharap pengguna dapat mengabadikan dan menulis tentang momen sehari-hari dan peristiwa khusus dalam hidup mereka, serta menyertakan foto, video, rekaman audio, lokasi, dan lainnya untuk menciptakan kenangan yang kaya. 

“Journal memudahkan untuk menyimpan kenangan yang kaya dan kuat, dan mempraktikkan rasa syukur dengan secara cerdas menyusun informasi pribadi pengguna, langsung dari iPhone mereka,” kata Bob Borchers, wakil presiden Pemasaran Produk Seluruh Dunia Apple dalam blognya, dikutip Selasa, 12 Desember. 

Tidak hanya itu, raksasa teknologi itu juga menyebutkan aplikasi penjurnalan mereka didukung dengan saran yang dipersonalisasi dan dikurasi secara cerdas, sehingga bisa membantu pengguna mengingat dan menulis tentang suatu momen, seperti tempat baru yang mereka kunjungi, foto yang mereka ambil, lagu yang mereka mainkan, olahraga yang telah mereka selesaikan, dan banyak lagi. 

Selain itu, pengembang dapat menggunakan Journaling Suggestions API yang baru untuk menambahkan saran penjurnalan yang dipersonalisasi ke aplikasi mereka, sehingga pengguna memiliki momen untuk menulis dengan cara yang menjaga privasi. 

“Journal dibuat dengan privasi sebagai intinya. Saat iPhone dikunci dengan kode sandi, entri di aplikasi Jurnal dienkripsi. Selain itu, pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan autentikasi sekunder, dan mengunci aplikasi Jurnal dengan kode sandi perangkat, Face ID, atau Touch ID mereka,” tambahnya. 

Nantinya, semua entri Journal akan dienkripsi secara end-to-end saat disimpan di iCloud, sehingga tidak seorang pun kecuali pengguna yang dapat mengaksesnya.