Bagikan:

 

JAKARTA – Menjelang akhir tahun, beberapa media sosial mulai meluncurkan fitur ringkasan akhir tahun. Meski fitur ini banyak disukai oleh masyarakat, TikTok tidak berniat meluncurkannya.

Walaupun TikTok tidak meluncurkan ringkasan akhir tahun, Anda tetap bisa melihatnya dengan pihak ketiga. Nantinya, Anda akan mendapatkan statistik berupa gambaran umum dari tayangan yang sering Anda tonton di TikTok.

Mengutip dari Makeuseof, Anda bisa menggunakan situs web Wrapped for TikTok. Situs web ini bisa dicari terlebih dahulu di browser. Setelah mengakses situs webnya, Anda tidak perlu login karena Anda hanya perlu mengunduh data dari TikTok.

Untuk mengunduh datanya, buka situs web TikTok dan pilih gambar profil yang berada di pojok kanan atas. Setelah itu, pilih Pengaturan untuk mengakses menu Data. Jika sudah, pilih opsi Unduh data Anda.

Situs web baru akan terbuka secara otomatis. Ketika Anda melihat menu Unduh data TikTok, pilih tombol JSON dan pilih Minta data. JSON merupakan JavaScript Object Notation sehingga data yang dihasilkan akan berupa teks.

Setelah TikTok selesai mengunduh, buka aplikasi Visual Studio Code. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di website resminya. Setelah aplikasinya beroperasi, tambahkan file JSON ke bagian editor.

Jika sudah, tekan tombol Command dan tombol F di keyboard untuk perangkat Mac. Sementara untuk perangkat Windows, Anda perlu menekan tombol Control dan F di keyboard secara bersamaan.

Setelah hasilnya terlihat, gulir ke bawah untuk mencari tampilan data diri seperti nama, kota, alamat, dan privasi lainnya. Hapus seluruh data diri yang terlihat untuk menjaga keamanan, tetapi pastikan tanda kutipnya tetap ada.

Berikutnya, simpan file dengan tekan tombol Command dan F atau Control dan F. Saat file sudah terunduh, Anda harus kembali ke situs web Wrapped for TikTok dan pilih Saya Sudah mengekspor data TikTok saya, ayo!

Selanjutnya, pilih file dan cari file JSON yang sudah tersimpan. Unggah file tersebut dan tunggu hingga web menampilkan tulisan Wrapped Anda sudah siap! Anda hanya perlu mengeklik menu Tunjukan Padaku dan statistiknya akan muncul.

Itu dia sejumlah tahapan yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan TikTok Wrapped. Meski caranya cukup memusingkan, ini cara terbaik untuk menggunakan pihak ketiga agar privasi dan keamanan Anda tetap terjaga.