Google Message Mungkin Tambahkan Fitur Edit Pesan di Platformnya
 Ilustrasi fitur edit pesan di Google Message (foto: dok. Google)

Bagikan:

 

JAKARTA – Google Message diperkirakan akan merilis fitur baru untuk mengedit pesan. Fitur ini ditemukan pertama kali oleh TheSpAndroid saat mereka mendalami kode dari aplikasi tersebut.

TheSpAndroid melaporkan bahwa mereka menemukan empat flag atau gabungan kode dari pelacakan Google Messange. Masing-masing kode pada aplikasi ini memiliki makna yang berbeda dan memengaruhi tampilan dari fitur tersebut.

Pada flag pertama, kode tersebut mengarah ke user interface (UI) dalam fitur pengeditan pesan. Di flag kedua, kode itu mengarah kepada riwayat dari fitur perpesanan tersebut. Fitur ini akan menampilkan riwayat dari pesan yang dihapus.

Kode yang ditemukan berikutnya mengarah ke pemrosesan pesan yang diedit. Kode ini digunakan agar penerima pesan bisa mendapatkan teks yang sesuai dengan editan pengirim. Untuk flag yang terakhir, TheSpAndroid tidak bisa mengaksesnya.

Kode terakhir ini masih dalam tahap pengembangan sehingga belum diketahui fungsinya. Meski Google belum mengonfirmasi kehadiran dari fitur baru ini, tiga flag yang ditemukan menunjukkan bahwa fitur mengedit pesan memang sedang dikembangkan di Google Message.

Sudah bisa diperkirakan bahwa fitur ini akan menghindari pesan yang salah. Misalnya, ada huruf yang kurang dalam pesan yang Anda kirim ke rekan kerja, Anda bisa langsung mengeditnya tanpa perlu menghapus dan mengirim ulang pesan.

Kabarnya, fitur mengedit pesan ini sudah masuk ke versi beta atau tahap pengembangan sejak 19 November lalu. Meski fiturnya sudah masuk ke versi beta, fitur ini belum tentu akan diluncurkan oleh Google.