Perangi Kejahatan yang Melibatkan Kripto, Firma Audit KPMG Jalin Kerja Sama dengan Chainalysis
Perusahaan audit waspadai penipuan kripto dengan menggandeng Chainalysis. (Foto; Dok. CoinRise)

Bagikan:

JAKARTA – Maraknya aktivitas ilegal yang memanfaatkan aset kripto sebagai alat transaksi membuat sejumlah perusahaan audit waspada. Kali ini, KPMG, perusahaan layanan audit profesional berskala internasional memilih untuk menjalin kemitraan dengan platform pengawasan blockchain, Chainalysis.

Kemitraan ini ditujukan untuk mencegah dan mendeteksi aktivitas ilegal yang melibatkan kripto. Dengan begitu, KPMG akan melatih para profesionalnya sebagai Chainalysis Certified Investigators.

Kunal Bhasin, mitra dan co-leader kripto dan blockchain KPMG Kanada, menilai kolaborasi ini akan memperkuat keahlian KPMG dalam bidang investigasi forensik, aset kripto dan teknologi blockchain. Upaya ini memberikan kesempatan bagi para profesional KPMG untuk lebih efektif dalam menangani tantangan keamanan di sektor kripto.

Ini merupakan kerja sama KPMG dengan Chainalysis untuk berfouks pada pemantauan, dukungan, tata kelola, dan manajemen risiko blockchain. Tujuan utamanya adalah membantu organisasi untuk mematuhi peraturan keuangan dan meningkatkan program kepatuhan anti pencucian uang (AML).

Enzo Carlucci, pemimpin forensik nasional di KPMG, menjelaskan bahwa kolaborasi ini bertujuan memberikan perangkat yang diperlukan bagi perusahaan agar dapat memahami risiko penipuan dan kejahatan keuangan. Terutama, dengan melibatkan para ahli berpengalaman dari Chainalysis, KPMG berharap dapat memberikan kontribusi positif terhadap keamanan dan kepatuhan di sektor kripto.

KPMG menyoroti hasil Laporan Kejahatan Crypto Chainalysis 2023 yang menyebutkan bahwa transaksi ilegal berbasis mata uang kripto mencapai 20,6 miliar dolar AS (sekitar Rp292 triliun) tahun lalu. Hal ini menjadi sorotan karena meningkatnya kasus penipuan dan kejahatan keuangan dalam ekosistem kripto.

Selain itu, KPMG merujuk pada laporan dari Pusat Kontak Komisi Sekuritas Ontario dan Pusat Anti-Penipuan Kanada yang mencatat peningkatan yang signifikan dalam pengaduan terkait kripto dan kerugian akibat penipuan selama beberapa tahun terakhir. Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu mengurangi risiko dan meningkatkan integritas pasar kripto secara keseluruhan.