Rekomendasi Channel YouTube Anak dari Usia Prasekolah hingga  SD
Ilustrasi anak menonton YouTube (foto: dok. Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Rekomendasi channel YouTube anak dibutuhkan oleh para orang tua agar mereka tak menonton tayangan secara sembarangan di platform tersebut. Selain itu, chanel YouTube khusus anak-anak akan membantu orang tua memberikan edukasi dengan cara yang menyenangkan.

Ada banyak chanel anak-anak yang bisa ditonton di platform YouTube. Orang tua juga bisa memilih tayangan berdasarkan topik dan berdasarkan jenis konten. Berikut daftar rekomendasinya.

Rekomendasi Channel YouTube Anak

Di YouTube orang tua bisa memilih satu atau beberapa chanel berikut ini. Namun disarankan agar orang tua mendampingi anak saat menonton tayangan. Selain itu orang tua juga tetap disarankan untuk menyuguhkan tayangan YouTube secara berlebihan. Beberappa chanel YouTube anak-anak adalah sebagai berikut.

  1. Cocomelon

Anda tentu tak asing dengan nama Cocomelon, yakni salah satu chanel di YouTube yang menyajikan video animasi bertema edukasi bagi anak. Chanel ini menampilkan berbagai tayangan dengan satu karakter utama yakni bayi laki-laki. Tayangan yang diasjikan pun tidak membosankan karena ibu dan anak juga bisa ikut bernyanyi. Chanel Cocomelon bisa dinikmati oleh anak usia prasekolah.

  1. Pinkfong

Pernahkah Anda mendengar lagu “Baby Shark”? Pinkfong adalah chanel di YouTube yang mempopulerkan lagu tersebut. Lagu “Baby Shark” bahkan tidak hanya diminati oleh anak-anak namun juga orang dewasa. Bahkan anak bisa ikut menirukan koreografi tari yang disuguhkan dalam tayangan di Pinkfong. Chanel ini bisa dinikmati oleh anak sejak usia prasekolah.

  1. Lagu Anak Indonesia Balita

Bagi orang tua yang berencana mengajarkan buah hati untuk bernyanyi, cobalah untuk menonton chanel Lagu Anak Indonesia Balita. Chanel ini sangat bermanfaat agar anak mau bernyanyi lagu anak Indonesia. Lagu anak akan membantu mereka memperkaya kosakata. Beberapa lagu yang kerap diputar di chanel ini seperti Pok Ame-Ame atau Tek Kotek.

  1. Kids TV Indonesia

Chanel YouTube Kids TV Indonesia menyajikan nyanyian hingga video pembelajaran tentang warna, huruf, dan sebagainya. Chanel ini akan menyuguhkan berbagai konten dengan bahasa yang mudah dimengerti. Selain itu penggunaan warna yang colorful menjadikan anak mudah tertarik pada tayangan di chanel ini.

  1. Nussa Official

Nussa Official adalah chanel YouTube ramah anak yang menanyangkan film animasi edukasi. Film yang ditayangkan sendiri juga bertema religius sehingga cukup aman untuk ditonton oleh anak-anak. Sedangkan tokoh film yang ditayangkan yang paling ikonik adalah Nussa dan Rara. Chanel ini bisa dinikmati oleh anak usia 5 tahun.

  1. Crash Course Kids

Anak juga bisa mendapat edukasi tentang sains atau ilmu pengetahuan umum lain secara menyenangkan yakni lewat chanel Crash Course Kids. Saluran YouTube itu akan memberikan tayangan edukasi seperti mengenal gravitasi, mengenal rantai makanan, dan sebagainya. Orang tua bisa menyesuaikan tayangan Crash Course Kids sesuai usia dan kebutuhan. Chanel Crash Course Kids cocok untuk anak usia 9 tahun atau lebih.

  1. National Geographic Kids

Pengenalan hewan dan alam liar juga perlu dilakukan kepada anak-anak. Jika Anda memiliki anak usia sekolah SD, coba suguhkan chanel National Geographic Kids di YouTube. Tayangan di chanel tersebut akan memperlihatkan kehidupan flora dan fauna hingga alam semesta.

Itulah informasi terkait rekomendasi channel YouTube anak. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.