DeepL Pro: Layanan Penerjemahan Berbayar yang Akan Segera Rilis di Indonesia
DeepL perkenalan versi Pro atau berbayar yang akan rilis di Indonesia pada bulan Desember (foto: Rana/VOI)

Bagikan:

 

JAKARTA – DeepL Translator, layanan penerjemahan berbasis Teknologi Kecerdasan (AI) akan menghadirkan versi berbayar di Indonesia. Layanan ini mereka perkenalkan sebagai DeepL Pro.

Sejak tahun lalu, DeepL Translator sudah hadir dengan kemampuan bahasa Indonesia dan bisa digunakan secara gratis. Namun, versi ini cukup terbatas, baik dari jumlah karakternya maupun kapasitas dokumennya.

Dengan hadirnya DeepL Pro, pengguna akan mendapatkan kebebasan dalam menerjemahkan tanpa adanya batasan jumlah karakter dan kapasitas dokumen yang diterima DeepL akan jauh lebih besar.

Selain itu, perlindungan keamanan data akan dimaksimalkan sehingga rahasia dari dokumen yang diunggah akan sangat terjaga. DeepL Pro juga akan mendapatkan peningkatan pada glosarium.

DeepL begitu percaya diri dengan akurasi penerjemahan mereka. Dari data yang mereka miliki, layanan penerjemahan mereka lebih baik di beberapa bahasa jika dibandingkan dengan para pesaingnya seperti Google Translate.

“Anda dapat melihatnya dalam pengujian kami yang lima atau enam kali lebih akurat pada pasangan bahasa ini dan pesaing kami. Jadi sekali lagi, Anda dapat mengandalkan DeepL untuk akurasi di pasar tertentu dan juga secara global,” kata CRO DeepL David Parry-Jones pada Rabu, 15 November dalam event DeepL Pro.

Melihat pada potensi layanan ini, David mengatakan bahwa perusahaannya ingin memperluas pasar mereka. Sejauh ini, DeepL Pro masih terbatas di Asia dan baru bisa diakses di Jepang, Singapura, dan Korea Selatan.

Indonesia akan menjadi negara keempat yang merasakan fitur berbayar ini dan rencananya akan diluncurkan pada bulan Desember. Namun, David mengatakan bahwa layanan Pro ini belum memiliki tanggal rilis yang pasti.

Ketika VOI bertanya mengenai harga yang akan mereka patok, David mengatakan harga ini akan setara dengan negara lainnya, hanya saja berbeda karena nilai tukar mata uang dan aspek-aspek lainnya.

“Harga individual, tentu saja, tidak seperti harga konsumen individual, namun untuk peningkatan volume dari sudut pandang bisnis, kita akan memiliki tingkatan harga payung yang berbeda,” jelas David kepada VOI.

Saat ini, DeepL Pro di Singapura terbagi menjadi tiga langganan, yaitu Starter, Advanced, dan Ultimate. Starter dikenai biaya sebesar 8,74 dolar AS (Rp135 ribu), Advanced sebesar 28,74 dolar AS (Rp445 ribu), dan Ultimate sebesar 57,49 dolar AS (Rp891 ribu). Seluruh harga ini merupakan biaya untuk per bulan.