Airbnb Luncurkan Serangkaian Fitur Baru, Integrasi Smart Lock dan Tur Hotel dengan AI
Serangkain fitur baru di Airbnb (foto: Airbnb)

Bagikan:

JAKARTA - Airbnb, online marketplace yang menawarkan penginapan hari ini memperkenalkan beberapa peningkatan besar untuk membantu tamu agar betul-betul memahami apa yang akan mereka akan dapatkan sebelum memesan penginapan. 

“Orang sering menggambarkan check-in ke Airbnb sebagai ‘momen terungkapnya kenyataan’— ketika Anda mengetahui apakah tempat yang Anda pesan sesuai dengan yang diharapkan,” ujar Brian Chesky, salah satu pendiri dan CEO Airbnb dalam siaran resmi yang diterima VOI pada Kamis, 9 November. 

“Kenyataan kerap tidak sesuai harapan. Kami mengubah hal itu hari ini. Dengan Pilihan Tamu, fitur ulasan terbaru, dan tab Daftar Penginapan baru, kini Anda akan tahu persis apa yang akan Anda dapatkan setiap kali memesan," tambahnya. 

Adapun tiga peningkatan tersebut adalah sebagai berikut:

Fitur penilaian & ulasan terbaru: Halaman penilaian dengan desain baru telah mencakup tiga fitur yang membuat ulasan menjadi lebih mudah dibaca dan jauh lebih bermanfaat, yakni pengurutan ulasan, distribusi penilaian, dan juga detail ulasan yang lebih lengkap. 

Tab Daftar Penginapan: Airbnb juga memperkenalkan tab Daftar Penginapan yang memudahkan Tuan Rumah untuk mengelola daftar penginapan dan menampilkan informasi mendetail tentang penginapan mereka. 

Serangkaian perangkat baru ini akan menampilkan detail yang paling diperhatikan tamu, termasuk tur foto yang didukung AI (Artificial Intelligence), dan juga integrasi smart lock yang kompatibel ke akun Airbnb, yang dan secara otomatis membuat kode unik untuk setiap reservasi. 

Update November 2023 mencakup lebih banyak peningkatan untuk Tuan Rumah, di antaranya adalah:

Visibilitas harga – Harga yang ditetapkan Tuan Rumah sudah termasuk biaya layanan, membantu mereka lebih memahami harga yang dibayarkan tamu.

Perbandingan harga – Tuan Rumah kini bisa membandingkan harga properti mereka dengan harga tempat serupa melalui kalender, sehingga dapat dengan mudah memantau tren harga setempat.

Panel muka (dashboard) pendapatan yang baru – Panel muka dengan desain yang sepenuhnya baru memberi visualisasi yang jelas mengenai penghasilan Tuan Rumah, termasuk detail terperinci mengenai pembayaran terdahulu dan mendatang, laporan, filter, dan pencarian yang dapat disesuaikan.

Opsi baru untuk bayaran masuk Rekan Tuan Rumah – Tuan Rumah mendapatkan dua opsi baru untuk berbagi bayaran yang masuk dengan Rekan Tuan Rumah: berbagi biaya kebersihan atau berbagi biaya kebersihan ditambah persentase dari nominal pemesanan.

Fitur pesan baru untuk Rekan Tuan Rumah – Tuan Rumah dan Rekan Tuan Rumah kini bisa berkomunikasi di aplikasi dengan fitur Kotak Masuk (inbox) baru untuk membantu mereka mendiskusikan dan mengoordinasikan reservasi mendatang.

Pilihan Tamu, fitur nilai dan ulasan terbaru, tab Daftar Penginapan baru, dan peningkatan tambahan untuk Tuan Rumah akan mulai diluncurkan minggu ini. Sedangkan integrasi smart lock akan hadir di Akses Awal untuk tempat di AS dan Kanada akhir tahun ini. Visibilitas harga dan perbandingan harga akan tersedia pada awal tahun depan.