Daftar Perusahaan Kripto yang Masih Bertahan Sejak Periode Awal Bitcoin, Wajib Tahu!
Perusahaan kripto yang masih bertahan sejak era Bitcoin dimulai. (Foto; Dok. BTC-Echo)

Bagikan:

JAKARTA – Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah perusahaan kripto mengalami kebangkrutan seperti Three Arrows Capital, FTX, Alameda Research, Celsius Network dan lainnya. Runtuhnya perusahaan kripto tersebut disebabkan oleh berbagai faktor termasuk kesalahan pengelolanya sendiri. Namun, tidak sedikit perusahaan kripto yang masih bertahan dan terus berkembang hingga hari ini.

Bahkan, beberapa dari mereka mampu beroperasi lebih dari satu dekade, menunjukkan ketahanan luar biasa di tengah tantangan dan ketidakpastian yang kerap melingkupi dunia kripto. Sebagian besar perusahaan kripto yang sudah beroperasi sejak era Bitcoin awal itu meliputi bursa kripto dan perusahaan penambangan Bitcoin sebagaimana dilansir dari Bitcoin.com. Berikut ini daftarnya:

1. Braiins Pool

   Braiins Pool, sebelumnya dikenal sebagai Slush Pool, adalah kolam penambangan atau mining pool Bitcoin tertua yang masih aktif hingga saat ini. Didirikan pada tahun 2010 oleh Marek Palatinus, yang akrab dipanggil "Slush," pool mining ini berperan penting dalam jaringan Bitcoin. Saat ini, mereka bertanggung jawab atas sebagian hashrate Bitcoin secara signifikan.

2. Canaan

   Canaan Inc. adalah pemain utama dalam pembuatan chip untuk mesin penambangan Bitcoin, ASIC. Mereka telah memainkan peran kunci dalam evolusi industri penambangan kripto sejak tahun 2013.

3. Bitmain

   Didirikan oleh Micree Zhan and Jihan Wu pada  2013. Bitmain merupakan produsen rig penambangan ASIC Bitcoin yang berperan penting dalam pertumbuhan industri mining kripto selama lebih dari 10 tahun.

4. Coinbase

   Coinbase adalah salah satu bursa kripto terbesar di dunia, yang berdiri sejak tahun 2012. Perusahaan kripto ini didirikan oleh Brian Armstrong, waktu itu ia mantan insinyur startup terkemuka, Airbnb. Meskipun menghadapi beberapa hambatan hukum, Coinbase terus tumbuh dan berkembang, menjadi salah satu platform perdagangan terkemuka.

5. Bitfinex

   Raphael Nicolle and Giancarlo Devasini mendirikan platform perdagangan kripto Bitfinex pada Desember 2012. Bitfinex, sebagai bursa kripto yang telah berdiri selama lebih dari satu dekade, telah menghadapi berbagai tantangan termasuk serangan keamanan. Namun, mereka telah pulih dan terus menjadi pemain utama dalam perdagangan kripto.

6. Blockchain.com

   Blockchain.com, yang dulu dikenal sebagai Blockchain.info, adalah salah satu layanan kripto paling beragam. Mereka menawarkan layanan seperti penjelajah blok, analisis data, dan dompet digital. Perusahaan kripto ini sudah beroperasi selama lebih dari satu dekade.

7. Bitpay

    BitPay didirikan oleh tiga orang: Stephen Pair, Jim Aviles dan Anthony Gallippi. Stephen Pair adalah salah satu pendiri dan CEO BitPay saat ini, sementara Anthony Gallippi adalah salah satu pendiri dan ketua eksekutif. Jim Aviles adalah salah satu pendiri dan mantan chief operating officer BitPay.

BitPay adalah penyedia layanan pembayaran bitcoin yang didirikan pada tahun 2011 dan memiliki kantor di Atlanta, New York, San Francisco, Amsterdam, dan Buenos Aires. Perusahaan ini telah beroperasi selama 12 tahun dan terus memfasilitasi pembayaran kripto untuk pedagang di seluruh dunia.

8. Bitstamp

   Bitstamp didirikan oleh anggota komunitas Bitcoin, Nejc Kodrič dan Damijan Merlak pada bulan Agustus 2011 di Slovenia. Mereka kemudian memindahkan registrasi perusahaan ke Inggris pada bulan April 2013, dan kemudian ke Luksemburg pada tahun 20161. Bitstamp adalah bursa mata uang kripto Eropa yang memungkinkan perdagangan antara mata uang fiat, Bitcoin, dan mata uang kripto lainnya. Pada tahun 2018, Bitstamp diakuisisi oleh NXMH, sebuah perusahaan induk yang berbasis di Brussels.

9. Kraken

   Didirikan pada 2011 dan kemudian diluncurkan pada 2013, Kraken awalnya hanya memperdagangkan Bitcoin, Litecoin, dan euro saja. Seiring berjalannya waktu, perusahaan bursa kripto ini terus berkembang dan memperbanyak daftar aset kripto yang diperdagangkan. Kraken telah beroperasi selama lebih dari satu dekade dan menjadi salah satu perusahaan pertukaran kripto terkemuka di dunia.

10. Satoshilabs (Trezor)

    Satoshilabs, pengembang Trezor, adalah produsen dompet perangkat keras kripto yang terus berinovasi dan berkembang sejak tahun 2013. Hingga kini, Trezor menjadi brand terkemuka untuk dompet penyimpanan kripto fisik atau hardware wallet yang diklaim dapat tidak akan rusak meski terjadi kebakaran maupun bencana.

Demikian daftar perusahaan kripto yang bertahan lebih dari satu dekade. Perusahaan-perusahaan tersebut mampu menghadapi berbagai tantangan dan gejolak di dunia kripto. Keberhasilan mereka adalah bukti ketahanan dan komitmen terhadap inovasi dalam industri kripto yang dinamis di tengah ketidakpastian regulasi.