Bagikan:

JAKARTA - Andøya Spaceport, pelabuhan dan tempat peluncuran milik perusahaan antariksa Andøya Space, diresmikan oleh Haakon, Putra Mahkota Norwegia.

Dengan hadirnya Andøya Spaceport, Eropa kini memiliki landasan peluncuran pesawat antariksa pertama di Eropa. Lokasi peluncuran ini bisa ditemukan di Nordmela, Pulau Andøya, Norwegia.

Meski telah diresmikan, lokasi ini belum bisa digunakan sepenuhnya. Andøya Spaceport masih harus melalui tahap terakhir pengujian hingga landasan tersebut bisa digunakan sebagai tempat peluncuran.

Andøya Space bermitra dengan Isar Aerospace dalam peresmian landasan ini. Sebagai mitra eksklusif, Isar Aerospace memiliki lokasi khusus yang dibangun sesuai spesifikasi yang diharapkan perusahaan itu.

Infrastruktur eksklusif ini telah menyertakan landasan peluncuran, fasilitas integrasi muatan, dan pusat kendali misi yang bisa memudahkan Isar Aerospace dalam meluncurkan penerbangan pertama dari kendaraan dua tahap Spectrum.

CEO Isar Aerospace Daniel Metzler menyambut baik peresmian Andøya Spaceport. Menurut Metzler, pihaknya dan Andøya telah mengambil langkah besar dengan memecahkan hambatan krusial di industri luar angkasa Eropa.

“Bersama dengan Pelabuhan Antariksa Andøya, tim kami telah menciptakan karya teknik yang luar biasa, situs peluncuran orbital pertama di benua Eropa yang akan membawa akses ke luar angkasa ke Norwegia, dan kembali ke Eropa,” kata Metzler dalam rilis resmi.

Saat ini, Spectrum tengah mempersiapkan tahap akhir menuju uji terbang pertama. Kendaraan peluncur ini sedang dalam tahap produksi seluruh bagian roket, termasuk memasang mesin penerbangannya.

Seluruh tahapan roket perlu diuji coba terlebih dahulu untuk mendapatkan verifikasi bahwa sistem beroperasi dan bisa diterbangkan. Jika semua sudah rampung, Andøya Spaceport siap membantu Isar Aerospace dalam peluncuran pertama mereka.

Andøya Spaceport diresmikan oleh Putra Mahkota Haakon (foto: dok. Andøya Space)