Rencana SpaceX Bangun <i>Spaceport</i> untuk Misi ke Mars
Ilustrasi Photo Landasan Roket (dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - SpaceX kembali dengan ambisinya, perusahaan antariksa milik Elon Musk ini ingin membuat wahana antariksa di Planet Mars dan Bulan. Tak main-main, SpaceX bahkan membuka lowongan untuk pekerja offshore di luar angkasa. 

Dilansir dari TechCrunch, SpaceX memang berniat untuk mengembangkan usahanya untuk melakukan perjalanan sipil luar angkasa. Kali ini lewat laman resminya, perusahaan milik Elon Musk itu bahkan sedang mencari teknisi dan enginer untuk membangun fasilitas peluncuran roket. 

"SpaceX sedang membangun wahana antariksa kelas super terapung untuk (misi) Mars, Bulan & perjalanan hipersonik di sekitar Bumi," tulis SpaceX di laman Twitternya, Kamis, 18 Juni.

Pembangunan fasilitas roket ini, ditujukan sebagai titik pendaratan atau peluncuran dari moda transportasi masa depan. Baik mereka yang berangkat dari Bumi menuju Bulan maupun Mars dan sebaliknya. 

Rencana pembangunan spaceport atau landasan peluncuran ini, telah lama SpaceX sejak 2017. Setidaknya setelah video animasi Starship Musk yang menggambarkan lalu lintas duo roket-pesawat ruang angkasa yang diluncurkan dari landasan lepas pantai.

Awal bulan ini, Musk juga men-tweet bahwa SpaceX sedang mempertimbangkan tiga peluncuran untuk misi Starship pertamanya dari Space Coast Florida, yakni fasilitas di Texas Selatan, dekat desa Boca Chica, di mana prototipe Starship saat ini sedang dibangun dan diuji.

Ide gila Musk ini perlu diapresiasi dan tidak main-main, seperti yang kita tahu, SpaceX sampai merekrut orang-orang secara khusus untuk menyempurnakan ambisinya.

Musk juga mengungkapkan beberapa detail baru tentang ambisinya untuk mengirimkan masyarakat sipil ke luar angkasa. Sebagai contoh, jika penumpang Starship akan dibawa oleh mereka melalui Hyperloop, ide transportasi vakum-pod yang diusulkan Musk pada 2012 apakah akan ada? Pengusaha miliarder tersebut hanya menjawab, "Cukup banyak."

Pasangan dari penyanyi Grimers ini juga mengatakan nantinya, "kita harus cukup jauh agar tidak mengganggu daerah-daerah berpenduduk padat. Peluncuran & pendaratan tidak halus. Tetapi Anda bisa mencapai beberapa mil dari pelabuhan antariksa di kapal," ungkap Musk.