Bagikan:

JAKARTA - Astroscale, perusahaan pemindah puing di antariksa, sedang memikirkan misi paling baik untuk menghilangkan puing-puing dari orbit bumi. Sejauh ini, Astroscale berencana menarik  puing ke Bumi hingga puing terbakar di atmosfer.

Rencana ini sedang dikembangkan dan diuji oleh perusahaan asal Jepang itu. Mereka telah mendemonstrasikan penangkapan dan pelepasan puing di tahun 2021 dengan misi ELSA-d.

Dalam skenario yang mereka rancang, magnet dari ELSA-d akan mengunci puing yang melayang di antariksa dan menyeret puing ini ke deorbit sehingga nantinya puing ini akan terbakar di atmoster.

Selain itu, Astroscale juga akan meluncurkan ADRAS-J, pesawat hasil bermitra dengan Badan Antariksa Jepang (JAXA). Pesawat ini akan digunakan untuk mendekati dan memeriksa target sebelum dipindahkan di masa depan.

Dalam misi yang berbeda, Astroscale juga fokus pada misi Pembersihan Luar Angkasa melalui Penangkapan Inovatif (COSMIC). Misi ini akan menggunakan lengan robot untuk mengambil puing-puing di orbit.

Berbagai rencana dan misi ini diharapkan bisa berhasil demi mengurangi jumlah objek di orbit. Pasalnya, orbit bumi sudah semakin padat dengan ribuan objek yang mengitarinya.

Pada kabar terbaru, Pengawasan Luar Angkasa Departemen Pertahanan AS mengatakan bahwa lebih dari 25.000 objek berada di orbit, sebagian besar berada di Orbit Rendah Bumi (LEO). Objek ini mencakup satelit yang mati, pecahan pesawat, hingga benda kecil layaknya serpihan.