NASA Akan Luncurkan Pemancar Komunikasi Optik Pertama di Antariksa
DSOC yang disertakan dalam peluncuran misi Psyche (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA – Eksperimen Komunikasi Optik Antariksa (DSOC), pemancar komunikasi laser di luar angkasa, akan diluncurkan di atas pesawat ruang angkasa Psyche milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Sebelumnya, NASA hanya menggunakan gelombang radio dalam berkomunikasi. DSOC adalah eksperimen pertama mereka untuk beralih ke komunikasi optik. Dengan diluncurkannya DSOC, NASA berharap adanya peningkatan kecepatan data dengan kapasitas 10 hingga 100 kali lebih cepat dari sistem yang mereka gunakan saat ini.

DSOC sendiri dianggap sebagai pembuka jalan bagi komunikasi bandwidth di luar Bulan. Dengan diluncurkannya DSOC bersamaan dengan misi Psyche, pemancar ini akan melakukan pengujian dengan jarak paling jauh dari komunikasi optik mana pun.

Maka dari itu, jika NASA berhasil mengembangkan teknologi ini, mereka bisa menghasilkan komunikasi dengan kecepatan data tinggi yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Kemungkinan baiknya, hasil dari pengujian ini bisa membantu NASA dalam mengirimkan astronaut ke Mars.

Menurut pernyataan NASA, DSOC dilengkapi dengan pemancar laser inframerah jarak dekat untuk mengirimkan data berkecepatan tinggi ke Bumi. Tidak hanya mengirimkan data, DSOC juga memiliki kamera penghitung foton untuk menerima sinar laser yang dikirim dari bumi.

DSOC pun memiliki tantangan dalam menjalankan tugasnya. Pemancar ini harus menghasilkan transmisi data dengan jarak hingga 240 juta mil selama perjalanan pesawat Pysche ke sabuk asteroid.

Semakin jauh Psyche melakukan perjalanan, sinyal yang diperoleh DSOC akan semakin redup dan membuatnya sulit untuk memecahkan kode data. Selain masalah pemecahan kode, foton juga bisa bekerja lebih lama sehingga memberikan jeda 20 menit dalam jarak terjauh antara Bumi dan Psyche.

Oleh karena itu, pemancar laser di Psyche dan pemancar laser di Bumi harus saling berhadapan dengan arah yang sangat presisi. Dengan arah ini, sinar laser tidak akan melenceng dari sasaran.