Bagikan:

JAKARTA - Google Doodle hari ini, tepatnya 27 September, merayakan tahun ke-25 Google. Selama perjalanannya hingga sekarang, Google sudah meniadi mesin penelusuran yang banyak digunakan. 

"Meskipun kami di Google berorientasi pada masa depan, ulang tahun juga bisa menjadi waktu untuk merenung," tulis Google. 

Perjalanan Google 

Kisah ini dimulai dengan, mahasiswa doktoral Sergey Brin dan Larry Page yang bertemu di program ilmu komputer Universitas Stanford pada akhir tahun 90an. 

Selanjutnya, pertemuan yang kebetulan ini segera mengungkapkan visi bersama, yakni untuk menjadikan World Wide Web menjadi lebih mudah diakses oleh semua orang. 

Dadi visi misi itulah, akhirnya mereka bersama-sama memulai perjalanan yang sulit, bekerja dari asrama mereka untuk membuat prototipe mesin pencari yang lebih canggih. 

"Pasangan ini bekerja tanpa kenal lelah dari kamar asrama mereka untuk mengembangkan prototipe mesin pencari yang lebih baik," tulis Google dalam ceritanya. 

Ketika mereka mencapai kemajuan berarti dalam proyek tersebut, mereka memindahkan operasinya ke kantor pertama Google — sebuah garasi sewaan. Pada tanggal 27 September 1998, Google Inc. resmi lahir. 

Banyak yang telah berubah sejak tahun 1998 — termasuk logo Google seperti yang terlihat pada Doodle hari ini — namun misinya tetap sama: mengatur informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses dan berguna secara universal. 

Miliaran orang dari seluruh dunia kini telah menggunakan Google untuk menelusuri, terhubung, bekerja, bermain, dan masih banyak lagi. 

"Terima kasih telah berkembang bersama kami selama 25 tahun terakhir. Kami tidak sabar untuk melihat ke mana masa depan membawa kami bersama-sama," tutup raksasa penelusuran itu.