<i>Comeback</i> Ponsel Sony Lewat Xperia 1 II
Sony Xperia 1 II (Sony)

Bagikan:

JAKARTA - Sony gagal memperkenalkan gawai anyarknya dalam ajang Mobile World Congress 2020 di Barcelona, karena wabah virus corona. Meski begitu, Xperia 1 II ini tetap dirilis resmi di Eropa melalui layanan streaming. 

Ponsel Xperia 1 II atau dalam pelafalannya dibaca 'Xperia One Mark Two' ini merupakan, gawai penerus seri Xperia. Berbagai peningkatan juga telah disematkan dalam gawai ini, mulai dari tampilan desain hingga spesifikasi yang dibawanya. 

Dirangkum dari GSMArena, secara tampilan Xperia 1 (mark) II ini masih mempertahankan dimensi body 6,5 inci dengan aspek rasio layar 21:9 yang memanjang. Berbeda dari tren yang diikuti ponsel flagship lain, Xperia 1 II masih menyediakan konektor jack audio 3,5mm untuk earphone.

Presiden Sony Mobile Communication, Mitsuya Kishida mengatakan Xperia 1 ini telah disematkan chip prosesor terkini yang mendukung jaringan 5G. Secara spesifikasi, gawai ini memiliki kapasitas penyimpanan ROM 256GBR dan RAM 8GB. 

Sebagai ponsel yang memiliki citra audio visual, Sony tak lupa menyematkan sejumlah kamera beresolusi tinggi di Xperia 1 II. Tiga kameranya terdiri dari kamera utama (wide) 12 MP dengan lensa berbukaan f/1.7 dan OIS, kamera telephoto 12 MP 3x zoom berlensa f/2.4 OIS, serta kamera ultra wide 12 MP f/2.2. Sedangkan kamera depannya 8 MP dengan lensa f/2.0.

Kurang rasanya jika gawai Sony tak memiliki ketahanan terhadap debu dan air. Xperia 1 II ini pun telah mendapat sertifikasi IP68 dalam balutan Corning Gorilla Glass 6 di kedua sisinya.

Spesifikasi lainnya dari Xperia 1 II ini mencakup baterai baterai 4.000 mAh dengan fitur wireless charging. Sony juga masih cukup baik dengan menyematkan slot MicroSD untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan di ponsel ini. 

Sony Xperia 1 II (Twitter @SonyMobile)

Kamera yang Wah

Smartphone Sony Xperia dikenal mampu menampilkan hasil jepretan gambar yang tajam. Selain mengusung lensa buatan Zeiss, Sony juga turut membenamkan sejumlah teknologi yang diambil dari lini kamera mirrorless Alpha besutannya, seperti kemampuan Eye-AF untuk mengunci fokus di mata subyek dan antarmuka yang mirip di mode Pro.

Untuk fitur videonya, perangkat ini bisa merekam hingga 60 frame per detik (fps) dan perekaman 2K pada 120fps. Sony juga membekali gawai ini dengan teknologi saringan derau angin untuk mengurangi gangguan pada audio (noise).

Meski Sony, sempat kehilangan masa kejayaannya, karena tidak lagi memasarkan smartphone. Tetapi para penggemarnya tetap mengenali ciri khas gawai ponsel buatan Sony. 

Sony Xperia 1 II ini akan dipasarkan lebih dahulu di pasar Eropa dengan pilihan warna hitam dan ungu. Dibanderol harga 1.300 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp18 jutaan.