Meta Memblokir Kata-kata Sensitif dari Pencarian Kata Kunci di Threads
Meta blokir kata-kata sensitif di Threads (foto: Threads)

Bagikan:

JAKARTA - Fitur pencarian kata kunci (keyword) yang baru-baru ini perkenalkan Meta di Threads tampaknya tidak berfungsi untuk beberapa kata. Meta dilaporkan memblokir beberapa kata yang berpotensi sensitif. 

Dilaporkan pertama kali oleh The Washington Post, Meta tampaknya telah memblokir kata-kata yang berpotensi sensitif di Threads, termasuk kata vaksin, COVID-19, coronavirus, vaksin covid, dan istilah sensitif lainnya seperti seks dan telanjang.

Perusahaan milik Mark Zuckerberg itu juga mengonfirmasi kebenaran tersebut kepada Washington Post, dan mengatakan bahwa itu adalah tindakan sementara yang mereka lakukan. 

"Fungsi pencarian untuk sementara tidak memberikan hasil untuk kata kunci yang mungkin menampilkan konten yang berpotensi sensitif,” kata seorang juru bicara. 

Dalam sebuah postingan di X, kepala Instagram Adam Mosseri juga membawahi, saat ini perusahaan sedang mencoba belajar dari kesalahan masa lalu dan bersikap hati-hati saat meluncurkan penelusuran.

"Saya mendengar Anda, dan kami bekerja untuk mendukung lebih banyak pencarian dengan cepat. Kami mencoba belajar dari kesalahan terakhir dan percaya lebih baik berhati-hati saat kita meluncurkan pencarian," tulis Mosseri. 

Saat ini, fitur pencarian kata kunci Threads tersedia dalam bahasa Inggris dan Spanyol di negara-negara tertentu termasuk Australia, Selandia Baru, Argentina, India, Meksiko, dan AS. 

Sayangnya, pengguna di Indonesia belum bisa melihat fitur ini. Jadi, jika Anda membuka tab search di Threads, Anda hanya bisa mencari akun pengguna Threads yang aktif saja, tidak untuk pencarian satu topik tertentu. 

Kendati demikian, perusahaan tersebut juga mengatakan sedang berupaya menghadirkan fungsi pencarian ke bahasa dan negara lain dalam waktu dekat.