Manfaatkan AI, Bank Jago dan ADVANCE.AI Lakukan Transformasi Pendaftaran Nasabah dengan Solusi eKYC
Bank Jago dan ADVANCE.AI luncurkan solusi eKYC (foto: Dinda Buana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Bank Jago dan ADVANCE AI, penyedia solusi verifikasi identitas digital dan manajemen risiko terkemuka di Asia Tenggara, memperkenalkan solusi baru bertenaga artificial intelligence (AI).

Disebut dengan solusi electronic know your customer (eKYC), Bank Jago akan menyederhanakan proses pendaftaran nasabah serta menjaga identitasnya dengan mencegah aktivitas penipuan yang berasal dari eksploitasi teknologi.

"Kami ingin menjadi bank berbasis teknologi yang kuat dan terintegrasi dalam ekosistem digital Indonesia guna memenuhi kebutuhan segmen pasar ritel, mass market, dan usaha kecil dan menengah," kata Irene Santoso, Head of Consumer Business Customer Value Management Bank Jago dalam konferensi persnya Rabu, 30 Agustus di Jakarta.

Solusi eKYC ADVANCE AI ini akan mengintegrasikan berbagai fitur di aplikasi Bank Jago, seperti OCR (optical character recognition), deteksi keaktifan, dan perbandingan wajah ke dalam proses pembukaan rekening yang dilakukan Bank Jago. 

Irene juga meyakini bahwa solusi seperti ini akan menjadikan proses registrasi nasabah secara digital akan menjadi lebih mudah, nyaman, dan pastinya aman.

Ronald Molenaar, Country Manager Indonesia ADVANCE.AI turut berkomentar, kemitraannya dengan Bank Jago mencerminkan komitmen perusahaan dalam memprioritaskan proses pendaftaran nasabah yang aman, terjamin, dan lancar.

"Sehingga, memungkinkan lembaga keuangan untuk tetap kompetitif dan patuh dalam lanskap yang dinamis saat ini sekaligus berkontribusi pada agenda nasional, yakni inklusi keuangan untuk semua konsumen dan bisnis di Indonesia," ujar Ronald.

Dengan memanfaatkan kekuatan Al, analisis data, serta kemampuan pemantauan transaksi secara real-time, ADVANCE AI dapat membantu verifikasi identitas, autentikasi dokumen identitas, memeriksa keberadaan individu, menandai individu yang terkena sanksi atau terdaftar dalam AML. mengidentifikasi individu dengan risiko kredit yang tinggi, dan masih banyak lagi.