Bagikan:

JAKARTA - Pesawat ruang angkasa milik Badan Antariksa Rusia (Roscosmos), Luna-25 yang telah sampai di Bulan baru saja memamerkan gambar pertamanya untuk warga Bumi.

Gambar yang diambil pukul 8 pagi waktu Moskow itu berasal dari kawah kutub selatan Zeeman di sisi jauh bulan.

Kawah Zeeman merupakan objek unik di permukaan bulan dan sangat menarik bagi para peneliti. Dia memiliki ketinggian poros yang mengelilinginya mencapai 8 kilometer di atas permukaan dasar relatif datar.

Sebelumnya, Luna-25 juga telah mengambil foto pertamanya di luar angkasa pada Minggu, 13 Agustus, yang memperlihatkan dirinya selfie dengan Bulan dan Bumi di latar belakang.

Tak lama dari itu, Luna-25 kemudian mencapai orbit bulan pada 16 Agustus lalu. Dengan gambar baru yang dihasilkan Luna-25, akan melengkapi informasi yang tersedia saat ini tentang kawah tersebut.

Citra sisi jauh bulan pertama di dunia diperoleh pada Oktober 1959 oleh stasiun otomatis Soviet Luna-3. Namun, pesawat ruang angkasa itu tidak akan lama berada di kawah Zeeman.

Dia akan melanjutkan misi lainnya untuk mengincar sepetak tanah berwarna abu-abu di dekat kutub selatan bulan, area yang diduga kaya akan air es pada 21 Agustus, seperti dikutip dari Space dan Mashable, Jumat, 18 Agustus.

Dalam waktu setahun, Luna-25 akan mempelajari struktur internal dan mengeksplorasi sumber daya alam, termasuk air, serta mempelajari dampak sinar kosmik juga radiasi elektromagnetik di permukaan Bulan.

Luna-25 juga dibekali beberapa kamera video yang akan merekam selang waktu pendaratan, panorama satelit alami Bumi dalam format HDR.

Stasiun otomatis itu bakal mengendapkan debu untuk dipelajari serta membuat rekaman video terprogram dan mengambil foto Bulan atas perintah dari Bumi.