Bagikan:

JAKARTA - Dalam perkembangan terbaru di dunia mata uang kripto, Stellar Foundation, entitas pengembang kripto XLM telah mengumumkan akuisisi saham minoritas di perusahaan pembayaran terkemuka MoneyGram International (MGI). Langkah ini dipandang sebagai bagian dari strategi untuk menjadi pemimpin di ranah fintech digital.

Dalam sebuah posting blog baru, Denelle Dixon, CEO Stellar Development Foundation (SDF), mengungkapkan rincian transaksi yang melibatkan uang tunai dari kas SDF dalam transaksi go-private dengan perusahaan ekuitas swasta Madison Dearborn Partners, perusahaan induk MoneyGram.

Investasi ini menandai langkah pertama Stellar Foundation dalam jenis investasi semacam ini, dengan bonus tambahan berupa perolehan kursi di Dewan Direksi MoneyGram. Dixon dengan bangga menyatakan bahwa hal ini membuka peluang kolaborasi dengan para pemimpin industri pembayaran, layanan keuangan, dan teknologi yang akan berkontribusi dalam mengarahkan strategi digital MoneyGram.

Kemitraan komersial antara SDF dan MoneyGram dimulai pada tahun 2021 dan telah menghasilkan kerjasama yang produktif. Kerja sama ini mencapai puncaknya pada tahun 2022, ketika keduanya meluncurkan layanan inovatif bernama MoneyGram Access.

Layanan ini dirancang untuk membantu mengatasi kesenjangan antara mata uang fiat dan kripto, dengan memanfaatkan teknologi Stellar dan stablecoin USD Coin (USDC). Layanan ini telah diperkenalkan di pasar-pasar pengiriman uang utama, termasuk Filipina, Amerika Serikat, Kanada, dan Kenya.

Dixon menjelaskan bahwa investasi ini sejalan dengan visi untuk menjadikan MoneyGram sebagai pemimpin dalam perubahan digital di industri fintech. Investasi ini memberikan SDF posisi yang kuat untuk berpartisipasi dalam perjalanan MoneyGram, termasuk ekspansi bisnis digital, eksplorasi teknologi blockchain, dan berkontribusi dalam banyak cara lain yang mendorong perusahaan ini dalam memungkinkan pengguna dan bisnis untuk melakukan transaksi keuangan lintas batas dengan mudah.

Bersamaan dengan itu, Stellar (XLM) diperdagangkan dengan harga 0,127 dolar AS (sekitar Rp1.900-an) saat artikel ini ditulis. Meskipun mengalami penurunan lebih dari 2% dalam 24 jam terakhir, aset kripto ini tetap menjadi salah satu peringkat atas berdasarkan kapitalisasi pasar.