Bagikan:

JAKARTA - Match Group, induk Tinder akan segera ditinggalkan oleh mitra penyediaan pemeriksaan latar belakang Garbo. Dengan berakhirnya kerja sama ini, layanan Garbo yang berhubungan dengan konsumen dan Match akan menghentikan pemeriksaan latar belakangnya di aplikasi yang terpengaruh.

Aplikasi itu meliputi Tinder, Plenty of Fish, Stir dan Match.com. Kedua perusahaan pertama kali bekerja sama pada 2021, menyusul serangkaian laporan tentang bahaya yang menimpa pengguna aplikasi kencan Tinder.

Sejak integrasi itu, pengguna harus menjalankan pemeriksaan latar belakang gratis dalam jumlah terbatas dengan menggunakan nama belakang dan nomor telepon mereka. Mereka juga dapat melihat laporan publik tentang kekerasan, hukuman dan perintah penahanan.

"Aplikasi pemeriksaan latar belakang konsumen kami ditutup per 31 Agustus 2023," ujar pendiri Garbo Kathryn Kosmides dalam pengumumannya.

Namun, tidak jelas apa yang terjadi pada kedua perusahaan tersebut, Garbo tampaknya menyalahkan Match Group, seperti dikutip dari The Verge dan TechCrunch, Jumat, 18 Agustus.

"Sebagian besar platform online tidak secara sah berkomitmen terhadap kepercayaan dan keamanan bagi penggunanya. Ada beberapa perusahaan hebat yang benar-benar menjalankan misi kami, tetapi kenyataan yang menyedihkan adalah bahwa sebagian besar jejaring sosial, aplikasi kencan, dan platform online lebih peduli pada intinya daripada peduli pada Anda," jelas Kosmides.

Dia juga mengatakan, pemerintah daerah semakin mempersulit individu mendapatkan akses ke informasi catatan publik penting yang diperlukan untuk mengidentifikasi tanda bahaya.

Di mana informasi tersebut dapat digunakan untuk keputusan pengguna tentang siapa yang akan terlibat secara online dan secara langsung.

"Biaya untuk melakukan pencarian meningkat, dan di beberapa tempat digunakan sebagai sumber pendapatan. Juga tidak ada standar yang seragam untuk melaporkan informasi yang benar-benar kita perlukan untuk catatan yang tepat dan konsisten," kata Kosmides.

"Dan ada tren yang mengganggu dari aktor jahat yang merongrong peradilan pidana dan sistem catatan publik dengan memanfaatkan celah dan menyegel/menghapus catatan kekerasan berbasis gender dan bahaya serius lainnya sambil mengancam Garbo dan organisasi lainnya," sambungnya.

Meski begitu, Garbo akan melanjutkan misinya untuk mencegah bahaya di era digital sebagai organisasi nirlaba 501c3, tetapi akan beralih ke organisasi yang dipimpin sukarelawan untuk saat ini.

"Kami mengubah model kami untuk memberikan sumber daya dan solusi yang secara langsung memberdayakan Anda untuk mengontrol keamanan pribadi Anda di era digital," tutur Kosmides.

Terakhir, Kosmides menyarankan pengguna tidak menggunakan situs pencarian orang atau situs pemeriksaan latar belakang online lainnya karena memungkinkan orang, termasuk aktor jahat untuk memilih keluar atau menghapus catatan.

"Mereka tidak transparan tentang akses dan sumber data mereka, dan mereka sering menjual kembali data Anda, termasuk milik Anda data penggunaan platform mereka," ungkap Kosmides.

"Jika Anda menggunakan situs-situs ini, kami sarankan untuk berhati-hati dengan informasi apa yang Anda gunakan untuk mendaftar, pastikan Anda memahami praktik penagihan mereka, dan berhati-hatilah saat dan jika Anda tidak menemukan seseorang yang Anda telusuri," sambungnya.