Fenomena Viral yang Bodoh: Lebih Banyak Pintu atau Roda di Dunia? Ini Jawaban ChatGPT
Jawaban ChatGPT menjadi viral. (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Fenomena viral telah ada, hampir sejak internet ada. Mungkin Anda ingat gaun yang menjadi sensasi di Tumblr pada tahun 2015 - apakah itu berwarna biru dan hitam atau putih dan emas?

Namun, menggunakan ChatGPT, MailOnline mencoba untuk mengatasi perdebatan yang membuat pengguna Twitter berusaha keras membuktikan apakah ada lebih banyak pintu atau roda di dunia. MailOnline berbicara dengan ChatGPT - tetapi jawabannya mungkin mengejutkan Anda.

Bahkan penciptaan yang paling bangga dari OpenAI tidak dapat langsung mengatasi pertanyaan yang telah menjadi sensasi di internet - dan membingungkan pengguna Twitter sejak tahun lalu.

Bot ini menghasilkan tanggapan otomatis, mengakui kekalahan dalam kalimat pertamanya: 'Sulit untuk memberikan jawaban yang pasti untuk pertanyaan ini, karena ini tergantung pada berbagai faktor dan bisa berubah seiring waktu'.

Ini tidak menghentikan spekulasi di Twitter, terutama jika bahkan kecerdasan buatan pun tidak dapat mengatasi perdebatan ini.

Dengan demikian, bot cenderung memilih pintu, dengan alasan bahwa 'mereka ada di hampir setiap gedung, baik itu tempat tinggal, komersial, atau industri, dan seringkali ada beberapa pintu dalam satu struktur'.

ChatGPT memberikan keseimbangan, menambahkan: 'Meskipun roda umum digunakan dalam kendaraan, mesin, dan peralatan lainnya, mereka mungkin tidak lebih banyak daripada pintu karena keberadaan pintu yang sangat umum dalam berbagai struktur arsitektur'.

Tetapi ciptaan OpenAI ini memastikan untuk melindungi dirinya sendiri, dengan memberi peringatan kepada pengguna: 'Ingatlah bahwa ini adalah perkiraan kasar dan angka sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada bagaimana Anda mendefinisikan "pintu" dan "roda," serta berbagai faktor budaya, teknologi, dan ekonomi'.

Seorang pria asal Selandia Baru bertanggung jawab atas memicu perdebatan ini. Ryan Nixon membuat jajak pendapat di Twitter dengan pertanyaan, "Apakah Anda berpikir ada lebih banyak pintu atau roda di dunia?" musim semi lalu, dengan mencatat "Teman-temanku dan aku sedang memiliki perdebatan PALING BODOH".

Tweet tersebut sejak itu telah di-retweet hampir 9.000 kali - dan saat ini 53,6 persen dari suara memilih pintu. Namun, hasilnya tidak sepenuhnya dominan dan kemungkinan akan beralih ke pintu suatu saat nanti.

Banyak pengguna Twitter telah merespons dengan pendapat mereka sejak itu, kedua tim yakin bahwa mereka benar.

Beberapa bahkan telah membuat grafik terperinci dan persamaan matematika untuk membuktikan pendapat mereka, dan pengguna di seluruh dunia begitu antusias dalam keyakinan mereka.