Apa itu Fitur <i>Contactless</i> pada Kartu Kredit? Ketahui Pengertian, Kelebihan dan Cara Menggunakannya
Ilustrasi kartu kredit dengan fitur contacless (Foto: Pixabay/OleksandrPidvalnyi)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Fitur contactless yang disematkan pada kartu kredit dan kartu debit merupakan salah satu inovasi di bidang teknologi yang dapat mempermudah transaksi keuangan. Teknologi pembayaran nirsentuh (contactless) memanfaatkan antena komunikasi medan dekat atau Near Field Communication (NFC). Lantas, apa itu fitur contactless?

Apa Itu Fitur Contacless?

Dirangkum dari berbagai sumber, fitur contactless adalah teknologi pembayaran yang memungkinkan pemilik kartu kredit maupun kartu debit dapat melakukan transaksi hanya dengan mendekatkan atau tap pada mesin EDC berlogo contactless.

Transaksi contactless termasuk dalam otorisasi pembayaran transaksi yang tersedia dalam berbagai produk keuangan berbasis kartu, smartphone, dan perangkat peranti bergerak lainnya.

Cara kerja fitur contactless yakni dengan memakai identifikasi frekuensi radio atau teknologi nirkabel jarak pendek pada perangkat yang memungkinkan pembayaran dengan terminal checkout.

Media yang dipakai yakni kartu chip yang mempunyai antena NFC yang memungkinkan terjadinya transaksi tanpa tergantung dengan jaringan internet.

Teknologi contactless bertujuan agar kartu tidak perlu berpindah tangan ketika melakukan transaksi keuangan. Artinya, kartu akan tetap berada di tangan pemiliknya, sehingga kasir tidak dapat melihat data-data penting seperti nomor karti, valid thru, 3 digit CVV dan lain sebagainya.

Secara umum, penggunaan fitur contactless mempunyai batas nominal tertentu. Pemegang kartu dapat melakukan transaksi secara nir sentuh dengan nilai di bwah Rp1 juta. Sementara pembelajaan dengan nilai transaksi lebih dari Rp1 juta, tetap diperlukan otirisasi melalui Personal Identification Number (PIN).

Kelebihan Fitur Contactless

Penggunaan fitur contactless mempunyai beberapa kelebihan, antara lain:

  • Transaksi lebih cepat: Ketika bertransaksi di merchant, kasir tidak perlu memegang Kartu Kredit Anda, sehingga informasi pribadi seperti nomor kartu, masa berlaku kartu dan 3 digit CVV Anda terjaga kerahasiannya dan transaksi dapat di lakukan dengan lebih cepat tanpa PIN.
  • Transaksi lebih nyaman: Kartu kredit dipegang oleh Pemegang Kartu sendiri dan tidak perlu menyentuh tombol di mesin EDC seperti saat menggunakan PIN.

Cara Melakukan Transaksi dengan Kartu Kredit Contactless

Saat ini, ada banyak merchant yang menyediakan layanan pembayaran nirsentuh. Berikut langkah-langkah melakukan transaksi keuangan dengan kartu kredit yang sudah dijejali fitur contactless.

  • Tanyakan pada kasir apakah menyediakan layanan pembayaran contactless. Mesin EDC yang dapat digunakan untuk fitur contactless yakni ditandai dengan logo sinyal gelombang.
  • Jika ada, sampaikan kepada kasir bahwa Anda akan bertansaksi dengan fitur contactless, lalu siapkan kartu yang mendukung jenis pembayaran ini.
  • Pastikan nominal transaksi Anda yang muncul di mesin EDC telah sesuai dengan transaksi yang dilakukan.
  • Tap atau dekatkan kartu Anda ke mesin EDC.
  • Pembayaran berhasil setelah muncul struk transaksi. Jika perlu, Anda bisa meminta bukti pembayaran.

Demikian informasi tentang apa itu fitur contactless. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.