Perbedaan Kartu Kredit dan Paylater, Mana yang Terbaik untuk Kebutuhan Anda?
Ilustrasi paylater (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dari sekian banyak produk keuangan yang saat ini tersedia, kartu kredit dan paylater jadi produk yang banyak membantu masyarakat. Keduanya sama-sama menawarkan cara pembayaran dengan cara mencicil. Namun tahukah Anda perbedaan kartu kredit dan paylater?

Perbedaan Kartu Kredit dan Paylater

Dari fungsinya, kartu kredit dan paylater memiliki kemiripan yakni menyediakan kredit kepada pengguna dengan limit yang sudah ditentukan sebelumnya. Dengan dua layanan keuangan tersebut pengguna bisa melakukan transaksi tanpa menyediakan uang terlebih dahulu. Pengguna bisa melakukan pembayaran sesuai jadwal.

Meski memiliki cara kerja yang mirip, kartu kredit dan paylater tetap berbeda. Berikut ini perbedaan antar keduanya.

  1. Pengertian

Dikutip dari situs Bank Indonesia, Kartu Kredit adalah Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK) yang bisa dipakai untuk membayar kewajiban yang muncul karena adanya kegiatan ekonomi.

Sedangkan paylater adalah metode pembayaran yang memebrikan fasilitas angsuran kepada masyarakat tanpa kartu kredit.

  1. Teknologi

Perbedaan lain antara paylater dan kartu kredit adalah dari segi teknologi. Penggunaan paylater menerapkan sistem full digital, sedangkan kartu kredit tidak sepenuhnya digital mengingat penggunaannya masih dalam bentuk kartu.

  1. Persyaratan

Pembuatan akun paylater tidak membutuhkan syarat yang panjang dan manual. Bahkan, pengguna bisa memiliki akun paylater dalam waktu relatif singkat. Berbeda dengan kartu kredit dimana nasabah harus memenuhi beberapa persyaratan yang tidak sepenuhnya digital.

  1. Penyelenggara

Biasanya kartu kredit diselenggarakan oleh perusahaan keuangan atau perbankan. Bahkan saat ini hampir semua perbankan menyediakan layanan kartu kredit dengan berbagai keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Sedangkan paylater biasanya diselenggarakan oleh e-commerce, marketplace, atau perusahaan digital yang bergerak di jasa keuangan.

  1. Limit Pinjaman

Kartu kredit menyediakan limit pinjaman yang besar. Bahkan limit pembayaran bisa mencapai ratusan miliar. Limit kartu kredit biasanya disesuaikan dengan nominal gaji pemohon. Berbeda dengan paylater, limit yang disediakan nominalnya tidak sebesar kartu kredit.

  1. Lama Pinjaman

Perbedaan lain adalah dari tenor pinjaman atau jangka waktu pinjaman yang diberikan. Tenor pinjaman kartu kredit lebih lama dibanding parlater. Pada kartu kredit tenornya bisa 1 hingga 36 bulan, sedangkan paylater biasanya sekitar 1 hingga 12 bulan.

  1. Penggunaan

Penggunaan kartu kredit lebih luas sehingga bisa digunakan di berbagai toko dan platform, baik dalam maupun luar negeri. Berbeda dengan paylater yang hanya bisa dipakai di toko tertentu atau platform yang telah ditentukan. Selain itu paylater juga hanya bisa digunakan di dalam negeri saja.

  1. Fisik

Seperti namanya, kartu kredit berupa kartu yang harus disimpan di dompet atau tas. Sedangkan paylater tidak memiliki fisik namun tersimpan secara digital di aplikasi tertentu.

  1. Fasilitas Spesial

Biasanya, penerbit kartu kredit akan memberikan fasilitas spesial terhadap pengguna kartu kredit jenis tertentu. Misalnya, pemegang kartu kredit mendapat fasilitas gratis airport lounge, atau poin yang disediakan bisa ditukar dengan hadiah khusus. Berbeda dengan paylater yang tidak memiliki fasilitas ini.

  1. Promo yang Ditawarkan

Promo yang tersedia untuk kartu kredit biasanya lebih banyak dibanding paylater. Misalnya, kartu kredit akan mendapatkan dikon 50 persen di toko tertentu di berbagai cabang. Sedangkan ketersediaan promo pada paylater hanya tersedia di toko tertentu yang ada di platform yang telah ditentukan. Selain itu promo yang diberikan lewat pembayaran paylater bisa berupa cashback atau potongan harga.

Untuk memahami cara kerja paylater, kunjungi artikel kami tentang cara kerja paylater agar lebih memahaminya.

Tidak hanya memahani kelebihan dan kekurangan kartu kredit, masyarakat disarankan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan paylater sebagai bahan pertimbangan.

Selain terkait perbedaan kartu kredit dan paylater kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.