Kelebihan dan Kekurangan Paylater: Awas! Bak Pisau Bermata Dua!
Kelebihan dan Kekurangan Paylater (Gambar Jp Valery - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Paylater jadi salah satu fitur yang banyak digunakan buat bertransaksi secara online. Alasannya, fitur ini menawarkan kepada pengguna buat“ buy first, pay later” ataupun membeli dahulu serta menghasilkan duit alias membayar setelahnya, cocok dengan tenggat waktu yang didetetapkan. Dengan kata lain, fitur ini sama semacam cicilan yang telah ada semenjak dahulu. Yuk cari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan paylater!

Menariknya, hasil survei Katadata Insight Center( KIC) serta Kredivo pada 2022 menampilkan kalau fitur ini menempati urutan ketiga buat fitur yang sangat banyak digunakan sehabis transfer bank( virtual account) serta e- wallet. Apalagi, presentasi konsumen e- commerce yang memakai fitur paylater terletak di angka 56%.

Wah, memandang angkanya tersebut, nyatanya paylater dapat menolong membagikan pengalaman belanja yang lebih gampang untuk banyak orang. Terutama wanita yang jadi pengguna paylater paling banyak di Indonesia sampai 67, 2%.

Tetapi, sebab paylater mempunyai konsep yang sama dengan cicilan, fitur ini pasti pula mempunyai pro serta kontra, lho. Kira- kira apa saja kelebihan serta kekurangan memakai paylater?

Kelebihan dan Kekurangan Paylater

Kelebihan Paylater

Bila kalian memakai fitur ini dengan bijak, ada sebagian keuntungan memakai paylater yang dapat kalian miliki, seperti:

  • Gampang serta efisien

Kelebihan paylater kesatu yakni fitur ini membuat proses transaksi yang kalian jalani dapat jadi lebih efisien serta efektif dengan sistem online. Lumayan dengan mengunduh aplikasi fintech ataupun e- commerce yang telah mempunyai fitur paylater dari gadget kalian.

Tidak cuma itu, kemudahan pula dapat didapatkan dengan prosesnya yang sangat kilat serta instan. Umumnya kala mau memakai fitur ini selaku tata cara pembayaran di sesuatu aplikasi, kalian cuma butuh mempelajari ketentuan serta syarat yang berlaku. Sehingga sehabis kalian memakainya, kalian tahu kapan wajib membayarnya ditambah bunga yang telah didetetapkan oleh sang penyedia jasa.

  • Menutupi kebutuhan mendesak

Nah, yang satu ini bisa jadi sangat relate buat banyak orang, di mana kelebihan paylater yang lain yakni sangat menolong kala ada kebutuhan menekan di tanggal tua ataupun momen kala belum gajian ataupun tidak ada duit di tangan. Jadi, kebutuhan buat membeli barang senantiasa dapat terpenuhi walaupun keadaan keuanganmu lagi tidak memungkinkan buat saat ini.

  • Menawarkan promo menarik

Siapa yang tidak tertarik dengan promo? Ya, promo menarik semacam diskon ataupun cashback umumnya sangat disukai oleh banyak orang. Salah satu kelebihan paylater ialah fitur ini kerapkali didatangkan bertepatan dengan promo menarik, sehingga membuat pengguna lebih memilih buat memakainya dibanding kala memakai sistem bayar langsung.

Contohnya semacam kelebihan Shopee Paylater, di mana umumnya Shopee menawarkan fitur gratis biaya pengiriman dikala kalian melaksanakan transaksi dengan fitur paylater. Walhasil, transaksi yang dilakukan dapat lebih hemat tanpa terdapatnya bayaran pengiriman yang wajib kalian bayarkan.

Kekurangan Paylater

Walaupun paylater banyak membagikan kemudahan dalam bertransaksi, kalian butuh pula mengenali bahaya paylater yang bisa jadi dapat dialami kala memakainya, seperti:

  • Paylater memberikan bunga yang lumayan tinggi

Salah satu kekurangan paylater merupakan bunga yang relatif besar. Walaupun konsepnya mirip dengan kartu kredit, tetapi paylater mempunyai perbandingan dalam segi pembayaran bunga. Perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi( MRE), Andri Nugroho berkata bila memakai kartu kredit, umumnya kalian cuma bakal dikenakan bunga kala tidak membayarkan tagihan sesuai jatuh tempo yang dibutuhkan.

Perihal ini berbeda dengan paylater, di mana kala kalian membayarkan tagihan, total pembayaran yang wajib dibayarkan telah termasuk bunga di dalamnya.

  • Membangun kebiasaan berutang

Tanpa disadari, Kerutinan memakai paylater dapat membuat kalian jadi terbiasa pula buat berutang. Sebab sangat nyaman buat membeli barang memakai metode cicilan semacam ini, keadaan keuanganmu dapat terpengaruhi bila kalian tidak mengelolanya dengan baik.

Misalnya kalian alami kesusahan membayar tagihan paylater kala telah jatuh tempo, namun sebab udah jadi Kerutinan, bukan perihal yang tidak mungkin kalau kalian bakal senantiasa memakai fitur ini kembali. Walhasil, perihal ini dapat membuat kalian terjebak dalam keadaan nyaman berutang.

  • Resiko keamanan data

Kala mau memakai fitur paylater, umumnya salah satu syaratnya ialah memasukkan no ataupun gambar KTP. Itu maksudnya, kalian sudah membagikan informasi pribadi ke dalam sistem aplikasi tersebut. Tetapi, tidak dapat dimungkiri, dikala ini permasalahan mengenai kebocoran informasi dan kemampuan kemungkinannya masih terus berlangsung di Indonesia. Maka dari itu, cobalah buat berpikir terlebih dulu kala mau memberikan informasi pribadi lewat aplikasi ataupun internet.

  • Mendorong perilaku impulsif

Metode hemat dalam membelanjakan duit jajan ialah dengan tidak berperilaku impulsif. Impulsive buying ataupun pembelian impulsif merupakan kecenderungan buat membeli benda tanpa perencanaan terlebih dulu. Sikap impulsif kerapkali berlangsung dengan membeli barang secara otomatis tanpa memikirkan nilai barang tersebut kedepannya.

Fitur paylater memanglah sangat menolong sebab seluruh kemudahan yang ditawarkannya, namun sayangnya, kemudahan bertransaksi tersebut malah sanggup mendesak seorang buat terus menjadi konsumtif yang berujung pada sikap impulsif. Bila tidak lekas ditangani, sikap impulsif ini dapat jadi resiko untuk keadaan keuanganmu.

Metode menghemat duit buat menjauhi sikap impulsif ialah dengan menggunakan aplikasi keuangan. Terlebih aplikasi keuangan dapat menolong mencatat keuangan setiap hari, mingguan, sampai bulanan buat melindungi keadaan manajemen finansial kalian.

Butuh diingat kalau fitur paylater dapat mendatangkan keuntungan dan kerugian buat penggunanya, bergantung dari seberapa bijak kala kalian memakainya. Alasannya, pada saat kalian sangat banyak cicilan buat membeli benda, banyaknya tagihan yang masuk pula dapat membuat keadaan keuanganmu jadi tidak stabil. 

Jadi setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan paylater, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!