Bagikan:

JAKARTA - Jika sebelumnya WhatsApp memiliki fitur pesan suara atau voice note (VN), sekarang aplikasi perpesanan milik Meta itu mengumumkan peluncuran fitur yang memungkinkan pengguna mengirim pesan video.

“Pesan suara di WhatsApp mengubah cara orang berkomunikasi dengan menyediakan cara yang cepat dan aman untuk membagikan suara Anda. Kami senang untuk mengembangkan fitur ini dengan pesan video instan baru. Sekarang Anda dapat merekam dan membagikan video pendek pribadi langsung di obrolan,” tulis Meta dalam pengumumannya dikutip Jumat, 28 Juli.

Dengan pesan video ini, Anda dapat menanggapi pesan melalui video yang berdurasi hingga 60 detik secara real-time. Ini bisa jadi merupakan cara baru dan menyenangkan dari WhatsApp untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

“Menurut kami, ini akan menjadi cara yang menyenangkan untuk berbagi momen dengan semua emosi yang muncul dari video, baik itu mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang, menertawakan lelucon, atau membawa kabar baik,” tambahnya.

Cara Mengirim Pesan Video

Mengirim pesan video sama seperti Anda mengirim pesan suara. Anda hanya perlu mengetuk ikon mikrofon di sebelah kanan tab pesan, untuk beralih ke mode video, dan tahan untuk merekam video. 

Selain itu, Anda juga dapat menggesek ke atas untuk mengunci dan merekam video secara handsfree. Video akan diputar secara otomatis tanpa suara saat dibuka dalam obrolan.

Ketika Anda mengetuk videonya, maka Anda akan suara dari video tersebut akan keluar juga. Meta juga menegaskan bahwa pesan video ini dilindungi dengan enkripsi end-to-end untuk menjaga keamanan pesan Anda.

Pesan video telah mulai diluncurkan hari ini dan akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu mendatang.