Google Bocorkan Tips Optimalkan Laman Website di Google Search
Tips optimalkan laman website (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika membuat tulisan atau konten di halaman website, dibaca oleh banyak orang adalah tujuan utama. Namun, perlu dicatat bahwa yang menulis konten di internet bukan hanya Anda, melainkan banyak orang.

Maka dari itu, untuk membuat konten website Anda muncul di pencarian utama Google, Anda harus memerhatikan Search Engine Optimization (SEO), untuk membuat tulisan Anda muncul di atas pencarian di Google.

Menurut Cherry Prommawin, Search Relations Manager di Google, inti dasar dari Search terutama untuk menemukan sebuah informasi dari sebuah perayapan web, Google menyebutnya dengan indeks. 

Bahkan sebelum terjadi sebuah penelusuran, Google menemukan dan mengatur informasi dalam indeks tidak hanya mencangkup indeks laman di web, tetapi juga informasi yang ditemukan dalam gambar, buku, video, atau bahkan dunia fisik di sekitar kita.

“Selain memahami tentang halaman, kita sebelumnya harus juga paham dengan kueri. Salah satu tantangan adalah Google mendapati miliaran kueri setiap harinya, dan 15 persen dari kueri tersebut adalah baru,” terang Cherry dalam blog Google.

Menurut raksasa pencarian itu, setidaknya ada empat hal penting yang dapat membantu Google memahami dan mengidentifikasi sebuah website pemberitaan. Di antaranya adalah:

  1. Biarkan Google melihat tampilan laman website sama dengan apa yang pengguna lihat. Jangan merender tampilan, untuk ini Anda bisa menggunakan inspect url dalam Search Console.
  2. Pastikan informasi tanggal berita diluncurkan jelas dan akurat baik dari tampilan bagi pengguna maupun search engine, terutama bagi website berita.
  3. Menjaga struktur dan tampilan laman secara baik. Contohnya tag pada headline, sub headings, byline, juga ukuran font, posisi, dan warna.
  4. Tambahkan data terstruktur, untuk mengetahui apakah website telah memenuhi persyaratan, Anda bisa mengakses Search Gallery di goo.gle/searchgallery.