Gudang Robotik Pertama Ocado di Asia Mulai Beroperasi untuk Mitra Jepang Aeon
Ocado mengumumkan gudang robotik pertamanya di Asia (foto: twitter @Ocado ยท)

Bagikan:

JAKARTA - Supermarket online Inggris dan grup teknologi Ocado mengumumkan pada Senin 10 Juli bahwa gudang robotik pertamanya di Asia, yang dibangun untuk mitra Jepangnya, Aeon, telah mulai beroperasi.

Gudang, atau pusat pemenuhan pelanggan (CFC) seperti yang disebut Ocado, telah mulai menerima pesanan dari pelanggan di seluruh wilayah Kanto untuk merek "Green Beans" milik Aeon.

Ocado menjalin kemitraan dengan Aeon pada tahun 2019 dalam sebuah kesepakatan yang mengantisipasi bahwa grup Jepang tersebut akan memiliki kapasitas penjualan barang dagangan online sekitar 600 miliar yen (Rp63,8 triliun) pada tahun 2030 dan 1 triliun yen (Rp107,6 triliun) pada tahun 2035.

Ocado mengatakan CFC kedua Aeon di Jepang akan berbasis di Hachioji, Tokyo, dengan lebih banyak lagi yang akan menyusul.

"Pengeluaran bahan makanan di Asia diperkirakan akan melebihi wilayah lain di dunia dalam dekade mendatang, dan penjualan online tetap menjadi saluran yang paling cepat tumbuh dalam perdagangan barang dagangan di seluruh kawasan Asia Pasifik," kata CEO Ocado, Tim Steiner, dikutip Reuters.

Saham Ocado turun 34% dalam setahun terakhir, tetapi melonjak hingga 47% pada tanggal 22 Juni setelah surat kabar Times melaporkan kemungkinan minat pengambilalihan dari Amazon.com.

Terkait