YouTube Uji Coba Fitur Kuis yang Dibuat oleh AI dalam Video Edukasi
YouTube uji coba fitur baru (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube sedang menguji coba fitur kuis baru yang dibuat oleh alat AI Generatifnya untuk perangkat seluler iOS dan Android, guna memudahkan pengguna memahami topik pembelajaran yang ada di platformnya. 

"Menguji kuis yang dibuat oleh AI di perangkat seluler untuk memudahkan orang mempelajari topik yang mereka minati, kami bereksperimen dengan kuis yang dibuat oleh AI di feed Beranda aplikasi seluler YouTube," tulis tim YouTube dalam situs dukungan Google, dikutip Senin, 10 Juli. 

Lebih lanjut, Google mengatakan bahwa fitur ini juga akan membantu platform berbagi video itu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang seberapa baik setiap video mencakup topik tertentu.

Dicatat juga oleh Google, bahwa fitur kuis oleh AI ini telah diluncurkan secara global untuk beberapa orang terpilih saja. Artinya, tidak semua orang akan melihatnya. 

"Jika Anda adalah pemirsa dalam eksperimen, Anda mungkin melihat kuis yang dihasilkan AI ini mulai muncul di beranda aplikasi Anda. Kuis akan menguji pemahaman Anda tentang subjek yang tercakup dalam video yang baru saja Anda tonton," tambahnya. 

Perlu dicatat juga bahwa fitur kuis ini hanya tersedia untuk sebagian konten berbahasa Inggris tertentu, yang akan muncul di beranda sebagai tautan di bawah video yang baru saja ditonton.

"Jika Anda memilih untuk mengikuti kuis, tautan ke video yang baru saja ditonton akan muncul di bawahnya sehingga Anda dapat dengan mudah menavigasi kembali untuk mempelajari lebih lanjut tentang topik yang dibahas," pungkas Google. 

Uji coba fitur kuis ini tampaknya menjadi salah satu langkah Google untuk mencapai tujuan bagi pengguna untuk mempelajari hal-hal baru.