Kominfo dan Kearney Berkomitmen Buat Peta Jalan Transformasi Digital Indonesia di Enam Sektor
Kearney jalin kemitraan dengan Kominfo. (Dok. Kearney)

Bagikan:

JAKARTA - Jalin kemitraan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kearney, perusahaan konsultan global, berkomitmen untuk mengembangkan peta jalan transformasi digital untuk enam sektor, yakni Pertanian, Pendidikan, Maritim, Logistik, Kesehatan, dan Pariwisata.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan Kominfo dalam inisiatif penting ini. Indonesia siap untuk pertumbuhan yang signifikan, dan transformasi digital akan menjadi sangat penting dalam mendorong pertumbuhan tersebut,” kata Shirley Santoso, Managing Partner di Kearney dalam sebuah pernyataan yang diterima pada Selasa, 4 Juli.

Adapun proyek dimaksudkan untuk menyusun strategi peta jalan proses transformasi digital di Indonesia, dengan menyoroti area-area penting yang menjadi fokus dan memberikan rekomendasi yang dapat diimplementasikan oleh Kominfo.

"Peta jalan ini akan memandu Kominfo untuk memprioritaskan upaya mereka dan memastikan keberhasilan masa depan digital Indonesia,” ujar Shirley lebih lanjut.

Shirley menambahkan, peta jalan digital tersebut juga nantinya diharapkan dapat memberikan rencana komprehensif untuk masing-masing sektor, dengan menyoroti tantangan dan peluang di setiap industri, serta rekomendasi strategis tentang kebijakan, infrastruktur, dan inovasi.

Sebagai contoh, dalam sistem transformasi e-government dan upaya mendigitalkan layanan publik, Kominfo mentransformasi 2.700 pusat data untuk 630 institusi pemerintah menjadi 10-20 Pusat Data Nasional (DCN). DCN Nasional diharapkan dapat bertindak sebagai fasilitas manajemen data terpusat.

"Peta jalan ini akan menjadi alat yang sangat berharga untuk memprioritaskan upaya kami dan memastikan kami berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan kami. Kominfo berkomitmen untuk mendorong transformasi digital Indonesia dan menjadi pemimpin ekonomi digital. Kami berterima kasih kepada para mitra kami atas upaya untuk mentransformasi Indonesia." ujar Rohit Sethi, Principal Kearney.