Mark Zuckerberg Siap Perang dengan Elon Musk, Luncurkan Medsos Baru Threads Minggu Ini!
Image Credit: dok. Threads

Bagikan:

JAKARTA - Meta sepertinya melihat peluang untuk meluncurkan media sosial barunya di tengah masalah yang sedang dihadapi Twitter, akibat menerapkan batasan pada tweet yang bisa dilihat. Threads namanya, dilaporkan akan meluncur minggu ini untuk pengguna iOS.

Berdasarkan data App Store di Amerika Serikat (AS), Threads akan resmi dirilis dan dapat diunduh pada 6 Juli. Begitu juga pada Android, di mana perusahaan memperlihatkan hitung mundur dalam website resminya, menyatakan tanggal yang sama pada iOS.

Terintegrasi dengan Instagram

Threads dirancang berbeda dari media sosial lainnya, dia akan terhubung dengan saudarinya Instagram. Pengguna tidak perlu membuat akun dari awal, mereka akan langsung memiliki daftar yang diikuti dan pengikut.

Artinya, pengguna Threads sudah memiliki lingkaran Instagram yang ada di sana sejak awal dan memposting di antarmuka yang mirip dengan Twitter, Mastodon, Bluesky, atau salah satu aplikasi sosial yang berfokus pada teks lainnya.

“Threads adalah tempat komunitas berkumpul untuk mendiskusikan segala sesuatu mulai dari topik yang Anda minati hari ini hingga apa yang akan menjadi tren besok,” tulis Threads pada deskripsi App Store.

“Apa pun yang Anda minati, Anda dapat mengikuti dan terhubung langsung dengan kreator favorit Anda dan orang lain yang menyukai hal yang sama atau membangun pengikut setia Anda sendiri untuk membagikan ide, opini, dan kreativitas Anda kepada dunia," imbuhnya.

Meskipun Threads didasarkan pada Instagram, dia akan memiliki aplikasinya sendiri. Menurut Money Control yang dikutip dari TechCrunch, Selasa 4 Juli, juru bicara Instagram menggambarkan Threads sebagai media sosial terdesentralisasi.

Meta sebagai induk Instagram dan Threads mengatakan belum lama ini, Threads akan kompatibel dengan Mastodon dan dihosting di jaringan ActivityPub yang terdesentralisasi.