Bagikan:

JAKARTA - Setelah melewati banyak pertimbangan, Studio Wildcard telah resmi mengumumkan bahwa gim terbarunya, ARK: Survival Ascended akan mengalami penundaan peluncuran di Xbox Series X/S, PlayStation 5, dan PC hingga Oktober 2023.

Awalnya, gim ini akan diluncurkan sekitar bulan Agustus. Tapi, berdasarkan pengumuman yang dibagikan di situs resminya, studio merasa kesulitan bekerja dengan Unreal Engine 5.2. Namun, studio juga mengaku bila pada saat yang sama, pekerjaan tersebut justru sangat mengasyikkan.

"Kami menemukan cara baru setiap hari untuk mendorong teknologi ke tingkat berikutnya  dikombinasikan dengan pekerjaan yang diperlukan untuk mendukung ekosistem gim yang dapat dimodifikasi lintas platform sepenuhnya di konsol dan PC, jelas bahwa kami membutuhkan lebih banyak waktu," jelas pengembang sekaligus penerbit. 

Sementara itu, di waktu yang sama, Studio Wildcard juga telah mengumumkan bahwa mereka membagi rencana perilisan remaster dari  peta Survival Evolved  The Island dan Scorched Earth. 

"Kami juga telah memutuskan untuk memisahkan tanggal rilis The Island dan Scorched Earth. Dengan apa yang telah kami pelajari tentang membuat ulang The Island dari bawah ke atas, tidak mungkin menyelesaikan Scorched Earth dengan standar yang kami senangi," jelasnya. 

Jadi untuk saat ini, studio berencana bahwa Scorched Earth akan hadir di ASA pada bulan Desember tahun ini, sedangkan Ragnarok dan Aberration akan menyusul pada Q1 2024, dan peta lainnya setelah itu.

Ark: Survival Ascended sekarang akan diluncurkan dengan harga Akses Awal 44,99 dolar AS (Rp676 ribu) dengan diskon peluncuran hingga 39,99 dolar AS (Rp600 ribu).