Belgia Perintahkan Binance untuk Menghentikan Layanan Pertukaran dan Penyimpanan Kripto
Otoritas Jasa Keuangan dan Pasar Belgia (FSMA) telah memerintahkan bursa aset kripto terkemuka, Binance, untuk menghentikan layanan pertukaran dan penyimpanan aset kripto.

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan dan Pasar Belgia (FSMA) telah memerintahkan bursa aset kripto terkemuka, Binance, untuk menghentikan layanan pertukaran dan penyimpanan aset kripto. Dalam pengumuman tanggal 23 Juni, FSMA menyatakan bahwa dengan Binance menawarkan layanan terkait aset kripto "dari negara-negara yang bukan anggota Area Ekonomi Eropa," bursa tersebut melanggar hukum Belgia tentang Anti-Money Laundering dan Combating the Financing of Terrorism. Regulator keuangan tersebut menyatakan bahwa Binance harus segera menghentikan semua layanan terkait di Belgia.

Menurut FSMA, Binance mengendalikan sekitar 19 perusahaan di luar Area Ekonomi Eropa - negara-negara Uni Eropa serta Islandia, Liechtenstein, dan Norwegia - yang terlibat dalam operasional atau dukungan teknisnya yang tidak tercantum dalam syarat dan ketentuan yang dibaca oleh pengguna Belgia saat mendaftar untuk layanan.

Regulator tersebut mengatakan bahwa telah mengajukan "beberapa permintaan informasi" kepada Binance namun tidak menerima jawaban yang memuaskan mengenai layanan yang disediakan oleh perusahaan-perusahaannya.

"Meskipun telah diberikan kesempatan kepada Binance berkali-kali, pihak tersebut gagal menunjukkan, dengan dokumentasi dan bukti yang memadai, bahwa layanan pertukaran antara aset kripto dan mata uang legal, serta layanan penyimpanan aset kripto yang ditawarkan dan disediakan di Belgia, dilakukan melalui entitas hukum yang diatur oleh hukum negara anggota Area Ekonomi Eropa lainnya yang secara sah diotorisasi oleh negara anggota asalnya untuk melakukan kegiatan tersebut, termasuk di Belgia," kata FSMA, dikutip Cointelegraph.

Sebagai bagian dari perintah ini, Binance akan diharuskan menghubungi semua klien di Belgia dan mengembalikan semua aset kripto dan kunci pribadi yang dipegang oleh bursa tersebut. Seorang juru bicara Binance mengatakan kepada Cointelegraph bahwa perusahaan tersebut "kecewa" dengan keputusan FSMA dan berencana untuk meninjau pemberitahuan dari regulator tersebut.

FSMA hanya satu dari beberapa regulator nasional yang mengambil tindakan terhadap Binance, karena Securities and Exchange Commission Amerika Serikat saat ini menggugat bursa tersebut dan entitasnya di Amerika Serikat atas dugaan pelanggaran hukum sekuritas. Christophe De Beukelaer, anggota parlemen Belgia, mengumumkan pada Januari 2022 bahwa dia berencana menerima gaji pemerintahnya dalam bentuk Bitcoin selama satu tahun.