Bagikan:

JAKARTA - Kehadiran ChatGPT dengan teknologi canggihnya, telah membuka era baru untuk perkembangan teknologi di dunia. Begitu pula dengan perkembangan untuk lanskap contact center secara signifikan. 

Menurut PT VADS Indonesia, penggunaan teknologi ChatGPT dalam contact center dapat memiliki dampak yang signifikan. Berikut adalah beberapa dampak yang mungkin terjadi:

Peningkatan efisiensi

ChatGPT dapat membantu meningkatkan efisiensi dalam contact center dengan memproses pertanyaan dan permintaan pelanggan secara otomatis. Hal ini memungkinkan agen untuk fokus pada tugas yang lebih kompleks dan membutuhkan interaksi manusia.

Penurunan biaya operasional

Dengan adanya ChatGPT yang dapat menangani sebagian besar pertanyaan dan permintaan pelanggan, perusahaan dapat mengurangi jumlah agen manusia yang diperlukan dalam contact center. Hal ini dapat mengurangi biaya operasional, termasuk gaji dan pelatihan agen.

Peningkatan kepuasan pelanggan

ChatGPT yang canggih dan responsif juga diklaim dapat memberikan jawaban yang cepat dan akurat kepada pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan merasa puas karena mendapatkan solusi atau jawaban yang mereka butuhkan dengan cepat.

Skalabilitas yang lebih baik

Teknologi ChatGPT memungkinkan contact center untuk dengan mudah menangani volume panggilan yang tinggi. Sistem ini dapat diintegrasikan dengan berbagai platform dan dapat beroperasi secara simultan, sehingga dapat menangani banyak panggilan dan permintaan pelanggan secara bersamaan.

Perbaikan kualitas layanan

Dengan menggunakan ChatGPT, perusahaan dapat mengumpulkan dan menganalisis data dari interaksi pelanggan untuk meningkatkan kualitas layanan mereka. Data ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan untuk memberikan pelatihan yang lebih baik kepada agen manusia.