Catat! Ini Pentingnya Analisis Media Sosial untuk Mendorong Kemajuan Bisnis Anda
Ilustrasi analisis media sosial (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - PT. VADS Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang Business Process Outsourcing (BPO) dan Information and Communication Technology (ICT) baru-baru ini mengungkapkan bagaimana pentingnya Social Media Analytics atau Analisis Media Sosial untuk para pebisnis. 

Media sosial merupakan tempat bagi konsumen dan merek atau perusahaan untuk saling terhubung. Oleh karena itu, perusahaan mengatakan bahwa social media analytics sangat dibutuhkan untuk mengetahui respon dan kebutuhan market terkait dengan masing-masing brand.

Menurut VADS, media sosial sangat menguntungkan bagi perusahaan untuk melihat tren perilaku konsumen yang relevan untuk perusahaan. Adapun kegunaan social media analytics adalah sebagai berikut:

Mengukur ROI dari marketer yang menggunakan media sosial

Social media analytics dapat mendukung kampanye yang dilakukan oleh marketer dengan menyediakan data untuk mengukur return of investment (ROI) berdasarkan traffic yang diperoleh dari berbagai saluran media sosial.

Meningkatkan pengambilan keputusan strategis

Kedua, social media analytics dapat digunakan para marketer untuk menganalisis kinerja masing-masing platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Instagram untuk menentukan pesan yang akan disampaikan dan juga topik apa yang sesuai dengan target audiens nya. 

Selain itu, Anda akan mendapatkan informasi demografis tentang audiens yang memungkinkan dapat meningkatkan upaya marketer dapat menargetkan di sektor tertentu dan secara efektif dapat meningkatkan brand awareness.

Dapat membandingkan kinerja media sosial kita dengan pesaing

Fungsi lainnya adalah untuk membantu perusahaan untuk mengetahui kinerja pesaing sehingga perusahaan dapat menerapkan strategi yang tepat untuk merebut hati konsumen.  

Memberikan efisiensi kinerja pada tim pemasaran

Dengan menggunakan social media analytics, tim pemasaran dapat menyederhanakan alur kerja mereka sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan kecepatan tim untuk mendapatkan data dan informasi yang tepat sesuai dengan target pasar. 

Tidak lupa, social media analytics juga dapat memberikan informasi analitik yang baik dengan melaporkan berbagai macam metrik yang dibutuhkan untuk meninjau operasional pemasaran dan melihat data penting serta menemukan tren yang diperlukan untuk membuat strategi oleh tim pemasaran.