Bagikan:

JAKARTA - Instagram mulai meluncurkan fitur Saluran secara global kepada pengguna, setelah Februari lalu diuji coba. Fitur ini, mirip seperti dimiliki WhatsApp yang belum lama dirilis.

"Hari ini kami memperluas saluran siaran Instagram secara global, memberi jutaan konten kreator cara baru untuk terlibat langsung dengan pengikut mereka dalam skala besar," ujar Instagram dalam blog resminya yang dikutip Jumat, 16 Juni.

Saluran siaran merupakan alat perpesanan satu-ke-banyak publik yang dapat digunakan konten kreator untuk mengundang semua pengikutnya dan berbagi pembaruan teks, video, serta foto.

Kreator juga dapat menggunakan catatan suara untuk membagikan pembaruan terkini dan momen di balik layar, bahkan membuat jajak pendapat untuk mengumpulkan umpan balik dari penggemar.

Namun, hanya kreator yang dapat mengirim pesan di saluran siaran, sedangkan pengikut dapat bereaksi terhadap konten dan memberikan suara dalam jajak pendapat.

Setelah kreator mendapatkan akses ke saluran siaran dan mengirim pesan pertama dari kotak masuk (DM) Instagram, pengikut mereka akan menerima pemberitahuan untuk bergabung dengan saluran tersebut.

"Siapa pun dapat menemukan saluran siaran dan melihat kontennya, tetapi hanya pengikut yang dapat bergabung dengan saluran tersebut dan menerima pemberitahuan setiap kali ada pembaruan," jelas Instagram.

Pengikut dapat keluar atau membisukan saluran siaran kapan saja, mengontrol notifikasi mereka dengan membuka profil kreator, mengetuk ikon lonceng, dan memilih saluran siaran.

Mereka akan disuguhkan opsi untuk mengubah notifikasi, seperti semua atau tidak ada. Tetapi, akan di-default ke beberapa. Selain notifikasi undangan, pengikut tidak akan mendapatkan notifikasi lain tentang saluran siaran kecuali mereka menambahkan saluran tersebut ke DM mereka.

Usai saluran ditambahkan ke DM, akan muncul di antara utas pesan lainnya dengan pemberitahuan yang aktif dan berfungsi seperti obrolan lainnya.

Berikut Cara Bergabung dengan Saluran Siaran:

1. Akses tautan saluran siaran melalui stiker Stories kreator, atau tautan yang disematkan ke profil Instagram mereka.

2. Ketuk Gabung dengan saluran siaran. Orang yang belum mengikuti kreator akan diminta untuk melakukannya.

3. Setelah bergabung dengan saluran, pengikut dapat bereaksi terhadap konten dan memberikan suara dalam jajak pendapat, tetapi tidak dapat mengirim pesan.

4. Mereka juga dapat membagikan tautan ke saluran siaran kreator favoritnya sehingga teman-temannya dapat mengikuti dan bergabung.